PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA PEMBELAJARAN TEMA 8 (BUMIKU) DI KELAS VI SEKOLAH DASAR GUGUS III KECAMATAN GEROKGAK

Arsiana, Kadek Evan Astra (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA PEMBELAJARAN TEMA 8 (BUMIKU) DI KELAS VI SEKOLAH DASAR GUGUS III KECAMATAN GEROKGAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1711031137-COVER.pdf

Download (808kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1711031137-ABSTRAK.pdf

Download (555kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1711031137-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (621kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1711031137-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1711031137-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1711031137-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (969kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1711031137-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (547kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1711031137-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (526kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1711031137-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas isi, validitas butir, reliabilitas, daya beda, dan tingkat kesukaran dari instrumen penilaian HOTS pada pembelajaran Tema 8 (Bumiku) di kelas VI sekolah dasar. Pada penelitian ini, pengembangan instrumen penilaian berpedoman pada model pengembangan Borg & Gall. Tahapan model pengembangan Borg & Gall yaitu studi pendahuluan, tahap pengembangan, tahap validasi, tahap uji lapangan, dan tahap revisi produk. Instrumen penilaian HOTS yang dikembangkan berupa tes pilihan ganda. Objek dalam penelitian ini adalah kualitas butir soal yang dihasilkan. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data mengenai instrumen penilaian HOTS. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode tes. Data dianalisis menggunakan uji analisis validitas isi, validitas butir soal, uji reliabilitas, uji daya beda, dan uji tingkat kesukaran. Hasil uji validitas isi yang diuji oleh 4 dosen ahli instrumen penilaian HOTS dinyatakan relevan, uji validitas butir soal yang dilakukan di 4 sekolah dinyatakan valid, hasil uji reliabilitas instrumen penilaian HOTS sebesar 0,82 yang berada pada kategori sangat tinggi, rata-rata hasil uji daya beda soal sebesar 0,43 yang berada pada kategori baik, rata-rata hasil uji tingkat kesukaran soal sebesar 0,502 yang berada pada kategori sedang. Sehingga instrumen penilaian higher order thinking skill (HOTS) pada pembelajaran Tema 8 (Bumiku) di kelas VI sekolah dasar layak digunakan untuk mengukur dan melatih kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instrumen, HOTS
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: KADEK EVAN ASTRA ARSIANA
Date Deposited: 19 Oct 2022 01:00
Last Modified: 19 Oct 2022 01:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13265

Actions (login required)

View Item View Item