Sari, Rindi Novita (2022) Pengaruh Model Discovery Learning terhadap Higher Order Thinking Skills Siswa Pada Pembelajaran Fisika Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Blahbatuh. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1813021012-COVER.pdf Download (521kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1813021012-ABSTRAK.pdf Download (33kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813021012-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (165kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813021012-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (195kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813021012-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (319kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813021012-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (380kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1813021012-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (92kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813021012-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (158kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1813021012-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan kemampuan Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa yang belajar menggunakan model discovery learning dengan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran konvesional di SMA Negeri 1 Blahbatuh tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan pretest-posttest control group. Strategi simple random sampling digunakan untuk pengambilan sampel. Penelitian ini mengikutsertakan seluruh siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Blahbatuh yang berjumlah 250 siswa. Sampel penelitian adalah siswa kelas X MIPA 4 (kelas eksperimen) dan X MIPA 5 (kelas kontrol), sebanyak 70 individu. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan HOTS fisika yang terdiri dari 16 soal esai yang awalnya divalidasi validitas, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif, analisis kovarians satu jalur (ANAKOVA), dan uji lanjut LSD dengan ambang batas signifikansi 5%.Hasil ANAKOVA satu jalur didapatkan nilai F* = 14,70 mengungkap bahwa terdapat perbedaan kemampuan HOTS antara siswa yang belajar menggunakan model discovery learning dan siswa yang belajar menggunakan model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran fisika. Hasil uji LSD sebesar 3,15 menunjukan bahwa terdapat perbedaan nilai rata-rata kemampuan HOTS. Hasil penelitian menunjukan bahwa model discovery learning berpengaruh positif dengan sumbangsih yang cukup berarti terhadap kemampuan HOTS siswa dalam pembelajaran fisika.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | discovery learning, higher order thinking skills, pembelajaran fisika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1) |
Depositing User: | Rindi Novita Sari |
Date Deposited: | 20 Oct 2022 04:23 |
Last Modified: | 20 Oct 2022 04:23 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13310 |
Actions (login required)
View Item |