PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PADA MATERI ANIMALIA UNTUK SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 3 SINGARAJA

Prawitasari, I Gusti Ayu Putri (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO PADA MATERI ANIMALIA UNTUK SISWA KELAS X MIPA DI SMA NEGERI 3 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613041054-COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613041054-ABSTRAK.pdf

Download (192kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613041054-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (218kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613041054-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (382kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613041054-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613041054-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613041054-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (195kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613041054-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (600kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613041054-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui rancang bangun media pembelajaran video pada materi animalia di SMA Negeri 3 Singaraja; (2) mengetahui kelayakan dari media pembelajaran video pada materi animalia; dan (3) mengetahui hasil uji perorangan dan kelompok kecil dari media pembelajaran video pada materi animalia di SMA Negeri 3 Singaraja. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model pengembangan 4-D yang terdiri dari 4 tahapan yaitu (difine, design, develop dan dessimination). Sumber data pada penelitian ini adalah penguji ahli yaitu ahli media, ahli materi, dan siswa kelas X MIPA. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar validsai ahli media, lembar validasi ahli materi dan angket respon siswa. Tempat penelitian berlangsung di SMA Negeri 3 Singaraja. Analisis data dilakukan secara deskriptif untuk mengetahui kelayakan dan respon siswa terhadap media pembelajaran video. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan desain media menghasilkan media pembelajaran video, dengan uji kelayakan oleh ahli media dan ahli materi mendapatkan hasil sangat layak. Sedangkan hasil respon siswa dengan uji perorangan dan kelompok kecil terhadap media pembelajaran video mendapatkan hasil dengan kriteria sangat positif. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video pada materi animalia sangat layak serta sangat positif dan dapat digunakan sebagai media pembelajaran biologi khususnya materi animalia kelas X di SMA Negeri 3 Singaraja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan media, media pembelajaran video, kelayakan, animalia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: I Gusti Ayu Putri Prawitasari
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:51
Last Modified: 20 Oct 2022 03:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13338

Actions (login required)

View Item View Item