Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X IPA 1 MAN Buleleng Tahun Pelajaran 2021/2022

Wahyuningsih, Siti Nur (2022) Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X IPA 1 MAN Buleleng Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513021079-COVER.pdf

Download (581kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513021079-ABSTRAK.pdf

Download (57kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1513021079-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (164kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1513021079-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (71kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1513021079-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513021079-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (308kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1513021079-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (31kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513021079-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (102kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513021079-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) meningkatkan hasil belajar fisika dan (2) mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran fisika. Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah seluruh siswa (32 orang) kelas X IPA 1 MAN Buleleng. Objek penelitian ini adalah model pembelajaran PBL, hasil belajar dan tanggapan siswa terhadap penerapan model pembelajaran PBL dalam pembelajaran fisika. Data hasil belajar siswa diperoleh melalui tes hasil belajar tiap akhir siklus, sedangkan data tanggapan siswa diperoleh melalui angket pada akhir siklus kedua. Seluruh data dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan: (1) ketuntasan klasikal pada siklus I sebesar 60,00%, skor rata-rata hasil belajar siswa sebesar 77,03, (SD = 13,78) dengan kategori baik, dan siklus II dengan ketuntasan klasikal sebesar 94,00%, skor rata-rata hasil belajar sebesar 85,00 (SD = 9,33) dengan kategori sangat baik, (2) skor rata-rata tanggapan siswa terhadap penerapan model PBL dalam pembelajaran fisika sebesar X ̅ = 77,93 dengan kategori positif. Penerapan model Problem Based Learning meningkatkan hasil belajar siswa kelas X IPA 1 MAN Buleleng tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: modelproblembasedlearning, hasil belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: SITI NUR WAHYUNINGSIH
Date Deposited: 20 Oct 2022 04:20
Last Modified: 20 Oct 2022 04:20
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13360

Actions (login required)

View Item View Item