PENGEMBANGAN MEDIA PRESENTASI PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BANJAR BALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Mayasari, Eva (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PRESENTASI PADA MATA PELAJARAN IPA SISWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI 1 BANJAR BALI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1511021016-COVER.pdf

Download (219kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1511021016-ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1511021016-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (180kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1511021016-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1511021016-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1511021016-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (274kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1511021016-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1511021016-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (172kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1511021016-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media presentasi untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model desain pengembangan ADDIE. Pengembangan video pembelajaran berbasis role playing menggunakan metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan pengembangan. Tahapan-tahapan model ADDIE yaituanalyzed, design, development, implementation, evaluation. Hasil penelitian pengembangan ini berupa media presentasi. Hasil penilaian terhadap tingkat kelayakan materi sebesar 95.8% dengan kategori sangat baik, media sebesar 95.8% dengan kategori sangat baik, desain 85% dengan kategori baik dan rata-rata respon siswa uji perorangan sebesar 96% dan kelompok kecil sebesar 95.6%. Hal ini menunjukkan bahwa media presentasi efektik digunakan sebagai panduan guru dalam memberikan materi pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan motivasi dan semangat siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Sistem Peredaran Darah, Media pembelajaran Interaktif, ADDIE, Media Presentasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Eva Mayasari
Date Deposited: 20 Oct 2022 07:45
Last Modified: 20 Oct 2022 07:45
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13378

Actions (login required)

View Item View Item