PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA

Dewi, Desy Arista (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1613071020-COVER.pdf

Download (756kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1613071020-ABSTRAK.pdf

Download (51kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1613071020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (128kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1613071020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (272kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1613071020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (264kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1613071020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1613071020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (49kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1613071020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (119kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1613071020-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan perbedaan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan model pembelajaran inquiri terbimbing dan model pembelajaran STAD. Penelitian ini merupakan penelitian quasi-experiment dengan desain pre-test post-test non-equivalent control group design. Populasi penelitian adalah terdiri dari tiga kelas VII dengan siswa sebanyak 66 orang. Teknik pengambilan sampel penelitian dilakukan dengan cara cluster random sampling. Sampel penelitian terdiri dari 2 kelas yaitu kelas VII A dan VII B sebanyak 44 orang. Data keterampilan berpikir kritis siswa diumpulkan dengan tes keterampilan berpikir kritis yang terdiri dari 12 soal uraian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan ANAKOVA satu jalur. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan keterampilan berpikir kritis antara siswa yang belajar dengan Inquiri Terbimbing dan yang belajar dengan model pembelajaran STAD dengan nilai signifikansi kurang dari 0,005. Keterampilan berpikir kritis siswa yang belajar dengan model pembelajaran inquiri terbimbing lebih baik dibandingkan dengan yang belajar dengan model pembelajaran STAD dengan perbedaan nilai rata-rata sebesar 10,501 dan nilai LSD 1,828.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Inquiri Terbimbing, Model Pembelajaran STAD, Keterampilan Berpikir Kritis.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Desy Arista Dewi
Date Deposited: 20 Oct 2022 03:37
Last Modified: 20 Oct 2022 03:37
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13391

Actions (login required)

View Item View Item