PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MUATAN IPS KELAS IV SD MUHAMMADIYAH SINGARAJA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Sulistianti, Mei Lia (2022) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MUATAN IPS KELAS IV SD MUHAMMADIYAH SINGARAJA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1611021020-COVER.pdf

Download (214kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1611021020-ABSTRAK.pdf

Download (45kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1611021020-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (119kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1611021020-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1611021020-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (307kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1611021020-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (525kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1611021020-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (48kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1611021020-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (205kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1611021020-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mengembangkan multimedia interaktif untuk materi pembelajaran IPS kelas IV. Jenis penelitian ini yaitu pengembangan dengan menggunakan model Hannafik and Peck. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu kuesioner. Subjek penelitian ini yaitu 1 ahli desain pembelajaran, 1 ahli media pembelajaran, dan 1 ahli isi pembelajaran. Subjek uji coba yaitu siswa kelas IV berjumlah 9 orang. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian yaitu penilaian dari ahli isi pembelajaran yaitu 92,9% (sangat baik). Hasil penilaian dari ahli desain pembelajaran yaitu 88% (baik). Hasil penilaian dari ahli media pembelajaran yaitu 83% (baik). Hasil penilaian dari uji coba perorangan yaitu 92,66% (sangat baik) dan uji coba kelompok kecil yaitu 92,66% (sangat baik). Disimpulkan media mendapatkan kualifikasi baik dan layak digunakan dalam pembelajaran temati.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: multimedia, interaktif, tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: MEI LIA SULISTIANTI
Date Deposited: 20 Oct 2022 07:49
Last Modified: 20 Oct 2022 07:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13437

Actions (login required)

View Item View Item