Manuaba, I Kadek Bagus Widiantara (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PJOK TEMATIK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS 1 SD DI KECAMATAN BULELENG (TEMA DIRIKU SUBTEMA TUBUHKU). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1816011102-COVER.pdf Download (619kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1816011102-ABSTRAK.pdf Download (46kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011102-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (107kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011102-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (131kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011102-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (203kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011102-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (148kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011102-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (29kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011102-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (165kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1816011102-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rancang bangun pengembangan video, tanggapan ahli terhadap pengembangan video dan tanggapan peserta didik pengembangan video pembelajaran tematik tema diriku subtema tubuhku. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I Sekolah Dasar di Kecamatan Buleleng dimana SD di Kecamatan buleleng terdiri dari 19 sekolah yang terbagi dalam 9 gugus. Jenis data yang digunakan mengguakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan pemberian instrumen untuk 4 para ahli. Pada subjek uji coba perorangan dan uji coba lapangan yang menjadi sasarannya adalah guru PJOK dan peserta didik. Dalam merancang produk ini dilakukan dengan mengembangkan storyboard, script dan alat yang digunakan dalam membuuat video. Selanjutnya dilakukan validasi isi mata pelajaran, validasi desain pembelajaran, validasi media pembelajaran, dan validasi praktisi lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validasi isi mata pelajaran berada pada presentase 95,8% dikategorikan sangat baik, validasi desain pembelajaran berada pada presentase 75% dikategorikan baik, validasi media pembelajaran berada pada presentase 100% dikategorikan sangat baik, dan validasi praktisi lapangan berada pada presentase 94,4% dikategorikan sangat baik. Rata-rata hasil validasi tersebut adalah 91,3% dikategorikan sangat baik. Hal ini mengindikasikan bahwa produk berupa video layak di uji cobakan. Adapun hasil uji coba perorangan memperoleh rata rata 2,96 dikategorikan sangat baik, sedangkan uji coba lapangan memperoleh rata rata 2,98, dikategorikan sangat baik. Dari hasil uji vilidasi dan uji coba dapat disimpulkan pengembangan video pembelajaran pjok tematik untuk peserta didik kelas 1 SD di kecamatan buleleng (tema diriku subtema tubuhku) layak dipergunakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Video, Pembelajaran PJOK tematik, Tema Diriku Subtema Tubuhku |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1) |
Depositing User: | I Kadek Bagus Widiantara Manuaba |
Date Deposited: | 21 Oct 2022 07:03 |
Last Modified: | 21 Oct 2022 07:03 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13470 |
Actions (login required)
View Item |