PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PJOK TEMATIK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS 1 SD DI KECAMATAN BULELENG (TEMA DIRIKU SUBTEMA TUBUHKU)

Manuaba, I Kadek Bagus Widiantara (2022) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN PJOK TEMATIK UNTUK PESERTA DIDIK KELAS 1 SD DI KECAMATAN BULELENG (TEMA DIRIKU SUBTEMA TUBUHKU). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1816011102-COVER.pdf

Download (619kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1816011102-ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1816011102-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (107kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1816011102-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1816011102-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1816011102-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1816011102-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1816011102-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (165kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1816011102-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui rancang bangun pengembangan video, tanggapan ahli terhadap pengembangan video dan tanggapan peserta didik pengembangan video pembelajaran tematik tema diriku subtema tubuhku. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I Sekolah Dasar di Kecamatan Buleleng dimana SD di Kecamatan buleleng terdiri dari 19 sekolah yang terbagi dalam 9 gugus. Jenis data yang digunakan mengguakan jenis data kualitatif dan kuantitatif. Data dikumpulkan melalui teknik observasi, wawancara, dan pemberian instrumen untuk 4 para ahli. Pada subjek uji coba perorangan dan uji coba lapangan yang menjadi sasarannya adalah guru PJOK dan peserta didik. Dalam merancang produk ini dilakukan dengan mengembangkan storyboard, script dan alat yang digunakan dalam membuuat video. Selanjutnya dilakukan validasi isi mata pelajaran, validasi desain pembelajaran, validasi media pembelajaran, dan validasi praktisi lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa validasi isi mata pelajaran berada pada presentase 95,8% dikategorikan sangat baik, validasi desain pembelajaran berada pada presentase 75% dikategorikan baik, validasi media pembelajaran berada pada presentase 100% dikategorikan sangat baik, dan validasi praktisi lapangan berada pada presentase 94,4% dikategorikan sangat baik. Rata-rata hasil validasi tersebut adalah 91,3% dikategorikan sangat baik. Hal ini mengindikasikan bahwa produk berupa video layak di uji cobakan. Adapun hasil uji coba perorangan memperoleh rata rata 2,96 dikategorikan sangat baik, sedangkan uji coba lapangan memperoleh rata rata 2,98, dikategorikan sangat baik. Dari hasil uji vilidasi dan uji coba dapat disimpulkan pengembangan video pembelajaran pjok tematik untuk peserta didik kelas 1 SD di kecamatan buleleng (tema diriku subtema tubuhku) layak dipergunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Video, Pembelajaran PJOK tematik, Tema Diriku Subtema Tubuhku
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Olahraga dan Kesehatan > Jurusan Pendidikan Olahraga > Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi (S1)
Depositing User: I Kadek Bagus Widiantara Manuaba
Date Deposited: 21 Oct 2022 07:03
Last Modified: 21 Oct 2022 07:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13470

Actions (login required)

View Item View Item