Syahbana Putera, ShufI (2022) PERANAN SANGGAR SENI CONDONG TRESNO TERHADAP SISWA DI KELAS XI SMK MAMBAUL FALAH BONDOWOSO PADA PEMBELAJARAN DRAMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1512011042-COVER.pdf Download (767kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1512011042-ABSTRAK.pdf Download (52kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1512011042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (129kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1512011042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1512011042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1512011042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (153kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1512011042-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (57kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1512011042-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (114kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1512011042-LAMPIRAN.pdf Download (394kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peranan, jenis pembinaan, dan kendala-kendala yang dialami oleh pihak Sanggar Seni Condong Tresno dalam pembinaan pembelajaran drama di kelas XI SMK Mambaul Falah Bondowoso. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Subjek penelitian adalah pembina Sanggar Seni Condong Tresno dan siswa kelas XI SMK Mambaul Falah Bondowoso. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peranan Sanggar Seni Condong Tresno di Kelas XI SMK Mambaul Falah Bondowoso cukup baik terutama dalam menghimpun siswa-siswi melestarikan seni budaya, khususnya drama, yaitu dengan adanya struktur kepengurusan sanggar dan keterlibatan pembina dan anggota sanggar dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan oleh pihak sanggar; jenis pembinaan yang diterapkan di sanggar, yaitu pembinaan pengembangan kepribadian, orientasi, kecakapan, dan pembinaan lapangan; dan kendala-kendala yang dialami selama pembinaan drama di Sanggar Seni Condong Tresno SMK Mambaul Falah Bondowoso terdapat pada teknis penerimaan anggota baru dan anggota serta pembina merasakan kendala non-teknis. Kata Kunci: peranan sanggar seni, pembelajaran drama
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: peranan sanggar seni, pembelajaran drama |
Subjects: | P Language and Literature > P Philology. Linguistics P Language and Literature > PR English literature |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa Bali (S1) |
Depositing User: | SHUFI SYAHBANA PUTERA |
Date Deposited: | 24 Oct 2022 02:28 |
Last Modified: | 24 Oct 2022 02:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13565 |
Actions (login required)
View Item |