Wardana, I Gede Adi (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERMUATAN AUDIO VISUAL UNTUK KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS V SDN 1 PENGLATAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811031007-COVER.pdf Download (241kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811031007-ABSTRAK.pdf Download (29kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (70kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (458kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031007-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (34kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031007-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811031007-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas pengembangan e-modul IPA bermuatan audio visual untuk keterampilan literasi digital pada tema 7 subtema 1 kelas V semester genap di SD Negeri 1 Penglatan. Penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Jenis data dalam penelitian pengembangan ini dibagi menjadi dua, yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara dan kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian pengembangan E-Modul IPA bermuatan audio visual adalah analisis data deskrptif kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul IPA bermuatan audio visual telah memperoleh skor rata-rata berdasarkan hasil evaluasi dan uji validitas produk kepada enam ahli menunjukkan hasil, yaitu: (1) dari ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,5 dengan kualifikasi sangat baik, (2) dari ahli media memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kualifikasi sangat baik, dan (3) dari praktisi memperoleh skor rata-rata 4,9 dengan kualifikasi sangat baik. Hasil dari uji kepraktisan dari guru mendapatkan presentase 88,9% dan dari responden siswa mendapatkan presentase sebesar 98,38%. Berdasarkan uji t-test diperoleh signitifikasi sebesar 0,045 dan lebih kecil dari 0,05 baik di uji secara bersama-sama maupun terpisah. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hal tersebut membuktikan bahwa pengembangan E-Modul IPA bermuatan audio visual yang terdapat pada subtema 1 tema 7 KD 3.7 tentang Perubahan Wujud Benda dalam Kehidupan sehari-hari memperoleh kualifikasi sangat baik dan layak untuk dimanfaatkan saat proses kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | E Modul,Audio-Visual, IPA ,Literasi Digital |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gede Adi Wardana |
Date Deposited: | 28 Oct 2022 04:16 |
Last Modified: | 28 Oct 2022 04:16 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13629 |
Actions (login required)
View Item |