PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERMUATAN AUDIO VISUAL UNTUK KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS V SDN 1 PENGLATAN

Wardana, I Gede Adi (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL IPA BERMUATAN AUDIO VISUAL UNTUK KETERAMPILAN LITERASI DIGITAL PADA TEMA 7 SUBTEMA 1 KELAS V SDN 1 PENGLATAN. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031007-COVER.pdf

Download (241kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031007-ABSTRAK.pdf

Download (29kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031007-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (70kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031007-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031007-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031007-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (458kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031007-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031007-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031007-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui validitas, kepraktisan, dan efektivitas pengembangan e-modul IPA bermuatan audio visual untuk keterampilan literasi digital pada tema 7 subtema 1 kelas V semester genap di SD Negeri 1 Penglatan. Penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Jenis data dalam penelitian pengembangan ini dibagi menjadi dua, yakni data kualitatif dan data kuantitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara dan kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian pengembangan E-Modul IPA bermuatan audio visual adalah analisis data deskrptif kualitatif dan analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa E-Modul IPA bermuatan audio visual telah memperoleh skor rata-rata berdasarkan hasil evaluasi dan uji validitas produk kepada enam ahli menunjukkan hasil, yaitu: (1) dari ahli materi memperoleh skor rata-rata 4,5 dengan kualifikasi sangat baik, (2) dari ahli media memperoleh skor rata-rata 4,7 dengan kualifikasi sangat baik, dan (3) dari praktisi memperoleh skor rata-rata 4,9 dengan kualifikasi sangat baik. Hasil dari uji kepraktisan dari guru mendapatkan presentase 88,9% dan dari responden siswa mendapatkan presentase sebesar 98,38%. Berdasarkan uji t-test diperoleh signitifikasi sebesar 0,045 dan lebih kecil dari 0,05 baik di uji secara bersama-sama maupun terpisah. Dengan demikian, H0 ditolak dan H1 diterima. Berdasarkan hal tersebut membuktikan bahwa pengembangan E-Modul IPA bermuatan audio visual yang terdapat pada subtema 1 tema 7 KD 3.7 tentang Perubahan Wujud Benda dalam Kehidupan sehari-hari memperoleh kualifikasi sangat baik dan layak untuk dimanfaatkan saat proses kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E Modul,Audio-Visual, IPA ,Literasi Digital
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: I Gede Adi Wardana
Date Deposited: 28 Oct 2022 04:16
Last Modified: 28 Oct 2022 04:16
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13629

Actions (login required)

View Item View Item