PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK TEMATIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (E-PAKET PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS KELAS IV SD N 3 ANTIGA

Putri, Siki.A. Novinda (2022) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK ELEKTRONIK TEMATIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (E-PAKET PJBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS KELAS IV SD N 3 ANTIGA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031257-COVER.pdf

Download (335kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031257-ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031257-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031257-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031257-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031257-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (410kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031257-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (51kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031257-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (195kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031257-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berikut ini adalah tujuan dari penelitian ini: (1) bagaimana prototipe E-Paket PjBL, (2) bagaimana validitas isi E-Paket PjBL, (3) bagaimana reaksi guru terhadap E-Paket PjBL, (4) bagaimana tanggapan guru terhadap E-Paket PjBL. (4) Bagaimana reaksi siswa terhadap E-Paket PjBL, (5) Seberapa efektif E-Paket PjBL. Ini merupakan studi pengembangan yang mengikuti tahapan model ADDIE yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan penilaian. Dalam penelitian ini, observasi, wawancara, angket/kuesioner, skala penilaian, dan studi dokumen digunakan untuk mengumpulkan data. Peserta dalam penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas IV SD N 3 Antiga. Sedangkan fokus penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis. Untuk menilai isi media digunakan rumus Aiken, dan untuk jawaban siswa digunakan rata-rata atau mean. Uji t berbantuan SPSS 22 digunakan untuk menganalisis efikasi produk. E-Paket PjBL memperoleh indeks validitas sebesar 1,00 yang menunjukkan validitas sangat baik. Evaluasi respon guru mendapat skor 3,85 yang menunjukkan sangat baik. Penilaian jawaban siswa menghasilkan skor 3,5 yang menunjukkan sangat baik sekali. Uji efektifitas memberikan hasil yang signifikan (2-tailed), dengan nilai 0,000 0,05. Akibatnya, E-Paket PjBL berdampak cukup besar terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD Negeri 3 Antiga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: E-Paket PjBL, kemampuan berpikir kritis
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Siki. A. Novinda Putri
Date Deposited: 28 Oct 2022 07:43
Last Modified: 28 Oct 2022 07:43
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13640

Actions (login required)

View Item View Item