PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS TEKA-TEKI PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEMESTER 1 DI SDN 1 PANJI TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Agata, Aprilia and Tegeh, I Made and Trisna, Gusti Ayu Putu Sukma (2022) PENGEMBANGAN MEDIA POP-UP BOOK BERBASIS TEKA-TEKI PADA MUATAN PEMBELAJARAN IPA SISWA KELAS V SEMESTER 1 DI SDN 1 PANJI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811031305-COVER.pdf

Download (854kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811031305-ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811031305-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (213kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811031305-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811031305-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (249kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811031305-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811031305-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811031305-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (191kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811031305-LAMPIRAN.pdf

Download (14MB)

Abstract

Kurangnya kemampuan guru dalam mengembangkan media pembelajaran yang inovatif menjadi hambatan bagi guru untuk mengembangkan media pembelajaran yang baik untuk di terapkan di SD yang sesuai dengan karakteristik siswa. Hal tersebut dapat menimbulkan kebosanan yang mengakibatkan keaktifan siswa berkurang saat pembelajaran berlangsung, sehingga diperlukan solusi yang dapat menyelesaikan permasalahan tersebut. Solusi yang dapat diberikan peneliti yaitu penelitian yang berjudul “Pengembangan Media Pop-Up Book Berbasis Teka-Teki Pada Muatan Pembelajaran IPA Siswa Kelas V Semester 1 Si SDN 1 Panji”. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan dengan menggunakan model penelitian ADDIE. Pengujian produk dilakukan oleh ahli materi, ahli media, sedangkan penilaian produk dilakukan oleh guru dan siswa. Hasil penelitian ini memperoleh hasil dari segi ahli materi secara keseluruhan sebesar 91% dengan kategori sangat baik, dari segi ahli media secara keseluruhan sebesar 87,5% dengan kategori baik,hasil uji respon praktisi secara keseluruhan sebesar 96% dengan kategori sangat baik, dan hasil uji respon siswa secara keseluruhan sebesar 95,6% dengan kategori sangat baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media pop-up book pada materi keberagaman budaya bangsaku di kelas V Sekolah Dasar layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Media, Pop-Up Book, Teka-Teki, Muatan IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LT Textbooks
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Aprilia agata
Date Deposited: 28 Oct 2022 11:04
Last Modified: 28 Oct 2022 11:04
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13644

Actions (login required)

View Item View Item