Jayanti, Ni Putu Nila (2023) KESIAPAN GURU DALAM MELAKSANAKAN PEMBELAJARAN NEW NORMAL PADA TAMAN KANAK-KANAK (TK) DI KECAMATAN GIANYAR, KABUPATEN GIANYAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811061002-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811061002-ABSTRAK.pdf Download (389kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811061002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (374kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811061002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (404kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811061002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (730kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811061002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811061002-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (246kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811061002-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (387kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811061002-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Perubahan sistem pembelajaran yang dikarenakan situasi pandemi Covid-19 menuju new normal membuat kegiatan belajar mengajar mengalami perubahan sehingga guru sebagai tenaga pendidik diharuskan menyesuaikan pelaksanaan pembelajaran dengan keadaan new normal ini. Dengan adanya penyesuaian pelaksanaan pembelajaran guru harus siap dalam menghadapi perubahan agar mampu memberikan pembelajaran yang bisa diterima peserta didik dengan baik dan tujuan pembelajaran dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan guru dalam melaksanakan pembelajaran new normal pada taman kanak-kanak (TK). Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian survei deskriptif dengan metode kuantitatif dimana jumlah sampel 115 guru dari total 161 guru. Pengumpulan data menggunakan metode kuesioner atau angket yang disebarkan melalui google form. Teknik analisis data yang dipakai adalah statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa 58 % responden sangat setuju pada 3 komponen yang ada pada proses survei kesiapan guru Taman Kanak-Kanak (TK) dalam pelaksanaan pembelajaran pada masa new normal di Kecamatan Gianyar. Rincian masing-masing persentase responden dimana menyatakan 57% pada komponen kesiapan sikap dan emosi, 61% komponen kesiapan kognitif, dan 55% komponen kesiapan perilaku. Dalam penelitian ini guru secara garis besar telah siap dalam melaksanakan pembelajaran pada masa new normal. Dengan kesiapan yang dimiliki oleh guru dalam melaksanakan pembelajaran new normal pada taman kanak-kanak (TK) diharapkan dapat melaksanakan pembelajaran dengan maksimal agar tujuan pembelajaran dapat tercapai.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaan ‘new normal’, taman kanak-kanak, kesiapan guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Nila Jayanti |
Date Deposited: | 16 Jan 2023 11:20 |
Last Modified: | 16 Jan 2023 11:20 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13675 |
Actions (login required)
View Item |