PENGARUH PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BATURITI

Dewi, Ni Putu Nina Indriana (2023) PENGARUH PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM BERBANTUAN VIDEO ANIMASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 1 BATURITI. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813011051-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813011051-ABSTRAK.pdf

Download (89kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813011051-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (155kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813011051-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813011051-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (244kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813011051-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813011051-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813011051-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (132kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813011051-LAMPIRAN.pdf

Download (825kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran flipped classroom berbantuan video animasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas XI IPS SMA Negeri 1 Baturiti. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu dengan post test only control group design. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 1 Baturiti tahun ajaran 2022/2023 yang terdistribusi ke dalam tiga kelas dengan banyak siswa adalah 110 orang. Penelitian ini menggunakan dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Kelas XI IPS 2 sebanyak 37 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPS 3 sebanyak 37 siswa sebagai kelas kontrol. Penetapan sample penelitian menggunakan cluster random sampling. Kesetaraan kelas eksperimen dan kelas kontrol dipertimbangkan dari rata-rata nilai PAT (Penilaian Akhir Tahun). Data yang dikumpulkan dalam penilitian ini adalah skor pemahaman konsep matematika yang dikumpulkan menggunakan tes uraian. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan uji independent sample t-test dengan taraf signifikansi α=0,05. Hasil analisis data tes menunjukkan bahwa rata-rata skor posttest pada kelas eksperimen adalah 75 dan kelas kontrol adalah 68. Rata-rata skor pemahaman konsep matematika siswa yang diperoleh pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan rata-rata skor pemahaman konsep matematika siswa kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai t_hitung>t_tabel (2,321>1,666). Hasil ini menunjukkan bahwa pemahaman konsep matematika yang mengikuti pembelajaran flipped classroom berbantuan video animasi lebih baik daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif model pembelajaran flipped classroom berbantuan video animasi terhadap pemahaman konsep matematika siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: flipped classroom, pemahaman konsep matematika, video animasi
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Matematika > Program Studi Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Ni Putu Nina Indriana Dewi
Date Deposited: 03 Feb 2023 02:06
Last Modified: 03 Feb 2023 02:06
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13778

Actions (login required)

View Item View Item