PENGARUH PELAJARAN NILAI-NILAI KEMANUSIAAN, MEDITASI, PRAKTIK BERKESADARAN DAN GENTA PENENANG TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMA NANYANG ZHI HUI MEDAN

Taslim, Fanny (2023) PENGARUH PELAJARAN NILAI-NILAI KEMANUSIAAN, MEDITASI, PRAKTIK BERKESADARAN DAN GENTA PENENANG TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMA NANYANG ZHI HUI MEDAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (2129031024-COVER)
2129031024-Cover.pdf

Download (851kB)
[img] Text (2129031024-ABSTRAK)
2129031024-Abstrak.pdf

Download (212kB)
[img] Text (2129031024-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129031024-Bab 1 Pendahuluan.pdf

Download (354kB)
[img] Text (2129031024-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129031024-Bab 2 Kajian Teori.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (695kB) | Request a copy
[img] Text (2129031024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129031024-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (2129031024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129031024-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (681kB) | Request a copy
[img] Text (2129031024-BAB 5 PENUTUP)
2129031024-Bab 5 Penutup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text (2129031024-DAFTAR PUSTAKA)
2129031024-Daftar Pustaka.pdf

Download (474kB)
[img] Text (2129031024-LAMPIRAN)
2129031024-Lampiran.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa variabel, yaitu: (1) Pelajaran Nilai-Nilai Kemanusiaan, (2) meditasi, (3) praktik berkesadaran (4) genta penenang secara bersama-sama terhadap pembentukan karakter siswa SMA Nanyang Zhi Hui Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMA Nanyang Zhi Hui yang berjumlah 182 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Statistik Inferensial, yang mengambil sampel siswa SMA Nanyang Zhi Hui Medan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner komponen konteks Pelajaran Nilai-Nilai Kemanusiaan, meditasi, praktik berkesadaran, genta penenang dan karakter. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan nilai-nilai kemanusiaan terhadap pembentukan karakter siswa dengan pengaruh sebesar 25,06%, (2) terdapat pengaruh yang signifikan meditasi terhadap pembentukan karakter siswa dengan pengaruh sebesar 2,63%, (3) terdapat pengaruh yang signifikan praktik berkesadaran terhadap pembentukan karakter siswa dengan pengaruh sebesar 14,71%, (4) terdapat pengaruh yang signifikan genta penenang terhadap pembentukan karakter siswa dengan pengaruh sebesar 6,01%, dan (5) secara bersama-sama, terdapat pengaruh yang signifikan nilai-nilai kemanusiaan, meditasi, praktik berkesadaran, dan genta penenang terhadap pembentukan karakter siswa dengan pengaruh sebesar 48,4%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Nilai-Nilai Kemanusiaan, Meditasi, Praktik Berkesadaran, Genta Penenang, Pembentukan Karakter
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Fanny Taslim
Date Deposited: 09 Feb 2023 07:51
Last Modified: 09 Feb 2023 07:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13841

Actions (login required)

View Item View Item