Taslim, Fanny (2023) PENGARUH PELAJARAN NILAI-NILAI KEMANUSIAAN, MEDITASI, PRAKTIK BERKESADARAN DAN GENTA PENENANG TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMA NANYANG ZHI HUI MEDAN. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (2129031024-COVER)
2129031024-Cover.pdf Download (851kB) |
|
Text (2129031024-ABSTRAK)
2129031024-Abstrak.pdf Download (212kB) |
|
Text (2129031024-BAB 1 PENDAHULUAN)
2129031024-Bab 1 Pendahuluan.pdf Download (354kB) |
|
Text (2129031024-BAB 2 KAJIAN TEORI)
2129031024-Bab 2 Kajian Teori.pdf Restricted to Repository staff only Download (695kB) | Request a copy |
|
Text (2129031024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2129031024-Bab 3 Metodelogi Penelitian.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (2129031024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2129031024-Bab 4 Hasil dan Pembahasan.pdf Restricted to Repository staff only Download (681kB) | Request a copy |
|
Text (2129031024-BAB 5 PENUTUP)
2129031024-Bab 5 Penutup.pdf Restricted to Repository staff only Download (398kB) | Request a copy |
|
Text (2129031024-DAFTAR PUSTAKA)
2129031024-Daftar Pustaka.pdf Download (474kB) |
|
Text (2129031024-LAMPIRAN)
2129031024-Lampiran.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh beberapa variabel, yaitu: (1) Pelajaran Nilai-Nilai Kemanusiaan, (2) meditasi, (3) praktik berkesadaran (4) genta penenang secara bersama-sama terhadap pembentukan karakter siswa SMA Nanyang Zhi Hui Medan. Populasi dalam penelitian ini adalah Siswa SMA Nanyang Zhi Hui yang berjumlah 182 orang. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik Statistik Inferensial, yang mengambil sampel siswa SMA Nanyang Zhi Hui Medan. Data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner komponen konteks Pelajaran Nilai-Nilai Kemanusiaan, meditasi, praktik berkesadaran, genta penenang dan karakter. Data dianalisis dengan menggunakan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang signifikan nilai-nilai kemanusiaan terhadap pembentukan karakter siswa dengan pengaruh sebesar 25,06%, (2) terdapat pengaruh yang signifikan meditasi terhadap pembentukan karakter siswa dengan pengaruh sebesar 2,63%, (3) terdapat pengaruh yang signifikan praktik berkesadaran terhadap pembentukan karakter siswa dengan pengaruh sebesar 14,71%, (4) terdapat pengaruh yang signifikan genta penenang terhadap pembentukan karakter siswa dengan pengaruh sebesar 6,01%, dan (5) secara bersama-sama, terdapat pengaruh yang signifikan nilai-nilai kemanusiaan, meditasi, praktik berkesadaran, dan genta penenang terhadap pembentukan karakter siswa dengan pengaruh sebesar 48,4%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Nilai-Nilai Kemanusiaan, Meditasi, Praktik Berkesadaran, Genta Penenang, Pembentukan Karakter |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Administrasi Pendidikan (S2) |
Depositing User: | Fanny Taslim |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 07:51 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 07:51 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13841 |
Actions (login required)
View Item |