Wulandari, Yunia (2023) SEJARAH KERAJINAN BATIK SANGGAR SEBLANG DI KELURANGAN MOJOPANGGUNG KABUPATEN BANYUWANGI TAHUN 1994-2022 POTENSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR SEJARAH DI SMA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1814021017-COVER.pdf Download (463kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1814021017-ABSTRAK.pdf Download (132kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1814021017-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (159kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1814021017-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (269kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1814021017-BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (144kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 PEMBAHASAN)
1814021017-BAB 4 PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1814021017-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (32kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1814021017-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (147kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1814021017-LAMPIRAN.pdf Download (610kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Latar belakang sejarah pendirian industri Batik Sanggar Seblang Kelurahan Mojopanggung. (2) Proses produksi Batik Sanggar Seblang Kelurahan Mojopanggung. (3) Perkembangan pemasaran industry Batik Sanggar Seblang dari tahun 1994-2022. (4) Potensi-potensi yang terkandung di dalam industry Batik Sanggar Seblang sebagai sumber belajar sejarah di Sekolah Menengah Atas (SMA). Randangan penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Penentuan informan dalam penelitian ini menggunakan teknik teknik snow ball. Pengumpulan data menggunakan beberapa cara, yaitu (1) teknik observasi/pengamatan: mengamati dan mengumpulkan bukti dokumentasi melalui beberapa foto dan beberapa rekaman video. (2) teknik wawancara: pemilik Industri Batik (Ibu Umi Sukaisih) dan pembatik (Ibu Jum dan Ibu Karim). (3) teknik studi pustaka/dokumentasi: menggunakan teknik dokumen yang biasanya disebut dengan kritik intern dan kritik ekstern, dan kritik sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran di SMA yang menggunakan kerajinan Batik Sanggar Seblang memiliki peluang tinggi sebagai sumber belajar sejarah. Faktor yang mendukung dalam penerapan sistem pembelajaran ini yaitu sejarah yang dimiliki oleh Batik Sanggar Seblang dan corak – corak yang cukup variatif. Pembelajaran sejarah di jenjang Pendidikan Sekolah Menengah Atas di Indonesia cenderung repetitive dan membosankan. Penerapan penelitian ini diharapkan sistem pembelajaran di SMA Indonesia menjadi lebih fresh dan menyenangkan dalam mempelajari sejarah – sejarah Indonesia. Urgensi penyelenggaraan hal tersebut terletak pada kegiatan membawa manfaat besar yakni sistem pembelajaran yang lebih baru dan fresh serta lebih melibatkan peserta didik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sejarah, Kerajinan batik, Potensi sumber belajar Sejarah. |
Subjects: | L Education > LA History of education |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan > Program Studi Pendidikan Sejarah (S1) |
Depositing User: | Yunia Wulandari |
Date Deposited: | 13 Feb 2023 00:53 |
Last Modified: | 13 Feb 2023 00:53 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13851 |
Actions (login required)
View Item |