Yani, Ketut Desi Gusti (2023) PENGEMBANGAN MODUL TATA RIAS FANTASI DI SMK NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1715011024-COVER.pdf Download (515kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1715011024-ABSTRAK.pdf Download (58kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1715011024-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (70kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1715011024-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (194kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1715011024-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (242kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1715011024-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1715011024-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (67kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1715011024-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (119kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1715011024-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Kajian ini dilaksanakan guna mengetahui 1) Langkah-langkah pembuatan modul tata rias fantasi dan untuk mengetahui 2) Kelayakan pengembangan modul tata rias fantasi yang diamati dari kelayakan oleh ahli media dan ahli isi materi. Studi ini merupakan jenis pengembangan atau Research and Development (R&D) bermodelkan ADDIE dengan lima tahapan diantaranya analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Metode penghimpunan data yang dipakai yakni metode observasi, wawancara, dan angket. Subyek pada studi ini yaitu 2 orang ahli materi dan 2 orang ahli media, serta 6 siswa kelas XII tata kecantikan SMK Negeri 2 Singaraja yang sudah ikut serta pada pembelajaran tata rias fantasi untuk uji kelompok kecil. Teknik analisa data mempergunakan metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil studi memperoleh temuan bahwa 1) Langkah pembuatan modul Tata Rias Fantasi melewati tahap: analisis kebutuhan bahan ajar, perancangan draft modul, pengembangan modul, implementasi uji coba kelayakan modul oleh ahli isi materi dan ahli media, evaluasi uji coba kelayakan modul lewat uji kelompok kecil sejumlah 6 orang siswa. 2) Kelayakan modul tata rias fantasi mendapatkan hasil uji validasi ahli media dengan persentase rerata 99,6 % selanjutnya hasil uji validasi ahli materi mendapatkan persentase rerata 85,2 % sehingga modul dinyatakan layak serta tidak membutuhkan revisi. Hasil persentase rata-rata respons subjek sasaran yakni 93,20% sehingga modul dinyatakan sangat baik tanpa revisi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan, Modul, Tata Rias Fantasi, model ADDIE |
Subjects: | H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknologi Industri > Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga (S1) |
Depositing User: | KETUT DESI GUSTI YANI |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 01:30 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 01:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13868 |
Actions (login required)
View Item |