Harsipin, Firman Haris (2023) ANALISIS HASIL BELAJAR IPA SISWA DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SMP MUHAMMADYAH 7 SEMPU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713071058-COVER.pdf Download (562kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713071058-ABSTRAK.pdf Download (35kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (276kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (409kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (315kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (156kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071058-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (41kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071058-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (156kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713071058-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
Proses belajar pada masa Covid-19 dilakukan secara dalam jaringan maupun luar jaringan. Pembelajaran IPA kelas VIII di SMP Muhammadiyah 7 menerapkan pembelajaran dalam jaringan maupun luar jaringan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa ditinjau dari aspek kognitif selama pembelajaran daring di SMP Muhammadiyah 7 Sempu. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data penelitiannya adalah tes dan wawancara. Soal instrumen tes hasil belajar IPA yang digunakan telah dilakukan validasi empirik pada subjek yang berbeda dengan subjek yang digunakan dalam penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, VIII C, VIII D. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase hasil belajar IPA pada aspek kognitif menggunakan Taksonomi Bloom berdasarkan indikator C4 (menganalisis) sebesar 56% yang masuk dalam kategori cukup, dan indikator C5 (mengevaluasi) persentase siswa dengan menggunakan Taksonomi Bloom sebesar 51% persentase ini juga termasuk dalam kategori cukup. Untuk pemahaman siswa kelas VIII mengenai materi IPA yang sesuai dengan indikator soal, diperoleh besar persentase 50% persentase pemahaman siswa pada materi IPA juga berkategori cukup.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Aspek Kognitif, Daring, IPA, Hasil Belajar |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | Firman Haris Harsipin |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 01:21 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 01:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13889 |
Actions (login required)
View Item |