ANALISIS HASIL BELAJAR IPA SISWA DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SMP MUHAMMADYAH 7 SEMPU

Harsipin, Firman Haris (2023) ANALISIS HASIL BELAJAR IPA SISWA DITINJAU DARI ASPEK KOGNITIF SELAMA PEMBELAJARAN DARING DI SMP MUHAMMADYAH 7 SEMPU. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1713071058-COVER.pdf

Download (562kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1713071058-ABSTRAK.pdf

Download (35kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071058-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (276kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071058-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071058-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (315kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071058-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071058-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (41kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071058-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (156kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1713071058-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Proses belajar pada masa Covid-19 dilakukan secara dalam jaringan maupun luar jaringan. Pembelajaran IPA kelas VIII di SMP Muhammadiyah 7 menerapkan pembelajaran dalam jaringan maupun luar jaringan. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan hasil belajar IPA siswa ditinjau dari aspek kognitif selama pembelajaran daring di SMP Muhammadiyah 7 Sempu. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dan teknik pengumpulan data penelitiannya adalah tes dan wawancara. Soal instrumen tes hasil belajar IPA yang digunakan telah dilakukan validasi empirik pada subjek yang berbeda dengan subjek yang digunakan dalam penelitian. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A, VIII C, VIII D. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata persentase hasil belajar IPA pada aspek kognitif menggunakan Taksonomi Bloom berdasarkan indikator C4 (menganalisis) sebesar 56% yang masuk dalam kategori cukup, dan indikator C5 (mengevaluasi) persentase siswa dengan menggunakan Taksonomi Bloom sebesar 51% persentase ini juga termasuk dalam kategori cukup. Untuk pemahaman siswa kelas VIII mengenai materi IPA yang sesuai dengan indikator soal, diperoleh besar persentase 50% persentase pemahaman siswa pada materi IPA juga berkategori cukup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Aspek Kognitif, Daring, IPA, Hasil Belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1)
Depositing User: Firman Haris Harsipin
Date Deposited: 22 Feb 2023 01:21
Last Modified: 22 Feb 2023 01:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13889

Actions (login required)

View Item View Item