Wahyuni, Lina (2023) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING TERHADAP INTERNALISASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PPKN UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII HATTA DI SMP N 4 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1914041006-COVER.pdf Download (428kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1914041006-ABSTRAK.pdf Download (34kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1914041006-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (230kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1914041006-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (386kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1914041006-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1914041006-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1914041006-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (79kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1914041006-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (214kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1914041006-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII Hatta SMP Negeri 4 Singaraja dengan menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran PPKn. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan-tahapan tiap siklus meliputi perencanaan, tindakan, observasi atau evaluasi dan refleksi. Adapun subjek penelitian dalam penelitian ini ialah seluruh siswa kelas VIII Hatta SMP Negeri 4 Singaraja semester ganjil tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 32 orang siswa dengan 15 orang siswa perempuan dan 17 orang siswa laki-laki. Pengumpulan data tentang motivasi belajar siswa dilakukan dengan menyebarkan angket/kuisioner dan untuk hasil belajar siswa dilakukan dengan menggunakan tes hasil belajar berupa soal obyektif. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan analisis deskriptif (kuantitatif). Adapun hasil penelitian menunjukkan untuk Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Hatta Di SMP N 4 Singaraja yakni pelaksanaan siklus I rata-rata motivasi belajar siswa yang dihasilkan yakni 118,6 dan masuk kategori sedang, sedangkan untuk siklus II dihasilkan rata-rata 142,7 dan masuk dalam kategori tinggi. Jadi dapat disimpulkan untuk motivasi belajar siswa pda siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebanyak 24,1%. Sedangkan untuk tes hasil belajar yang telah dilaksanakan pada siklus I didapatkan rata-rata 58,75 dan ketuntasan klasikal 71,9% dengan kategori cukup. Sedangkan untuk siklus II mendapatkan rata-rata sebesar 81,25 dan ketuntasan klasikal 81,25% dengan kategori baik. Dapat disimpulkan tes hasil belajar dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 22,5%. Dapat disimpulkan dari penelitian terkait Implementasi Model Pembelajaran Problem Solving Terhadap Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Pembelajaran PPKn Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Hatta Di SMP N 4 Singaraja mengalami peningkatan baik dari motivasi belajar siswa maupun hasil belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Solving, Motivasi Belajar, Hasil Belajar, Siswa |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) |
Divisions: | Fakultas Hukum dan Ilmu Sosial > Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan > Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (S1) |
Depositing User: | Lina Wahyuni |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 05:55 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 05:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/13943 |
Actions (login required)
View Item |