PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 3 DIMENSI TEMA DIRI SENDIRI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA BALI KELAS 1 SEMESTER GANJIL (Studi Kasus di SD Negeri 2 Tukadmungga)

Arsini, Kadek Budi (2020) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI 3 DIMENSI TEMA DIRI SENDIRI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA BALI KELAS 1 SEMESTER GANJIL (Studi Kasus di SD Negeri 2 Tukadmungga). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1515051096_Cover.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1515051096- Abstrak.pdf

Download (197kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1515051096- BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (369kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1515051096- BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (660kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1515051096- BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (727kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PENELITIAN)
1515051096- BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1515051096- BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (197kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1515051096- DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (310kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1515051096- LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Guru matapelajaran bahasa Bali kelas 1 SD Negeri 2 Tukadmungga merasa siswa masih kurang termotivasi dalam mempelajarai Bahasa Bali kususnya Tema Diri Sendiri oleh sebab itu peneliti merasa sangat perlu untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yang dapat membantu proses pembelajaran Bahasa Bali. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran Video Animasi 3 Dimensi Tema Diri Sendiri sebagai media pembelajan Bahasa Bali Kelas 1 Semester Ganjil. Tujuan dari pengembangan Video pembelajaran ini adalah untuk membantu siswa dalam mempelajari materi Tema Diri Sendiri. Pengembangan media pembelajaran Video Animasi 3 Dimensi Tema Diri Sendiri ini menggunakan model ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu Analisis (Analyze), Desain (Design), Pengembangan (Development), Implementasi (Implementation), dan Evaluasi (Evaluation). Pengembangan produk dengan model ini dapat menghasilkan produk yang baik, karena pada setiap fase yang dilalui dapat dilakukan evaluasi. Pengujian dilakukan untuk mengetahui tingkat keefektifan media pembelajaran Video Animasi 3 Dimensi Tema Diri Sendiri, diantaranya yaitu uji ahli isi dengan hasil 100% tergolong sangat tinggi, uji ahli media dengan representasi 83,33% tergolong tinggi, uji efektifitas dengan hasil 78% yang berarti media ini cukup efektif, dan uji respon pengguna dengan hasil sebesar 87,4% yang menandakan media ini masuk kategori sangat positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Video Pembelajaran, Animasi 3D , Bahasa Bali, Tema Diri Sendiri
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik dan Kejuruan > Jurusan Teknik Informatika > Program Studi Pendidikan Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Kadek Budi Arsini
Date Deposited: 25 Feb 2020 10:51
Last Modified: 25 Feb 2020 10:51
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1395

Actions (login required)

View Item View Item