Anastasya, I Gusti Agung Mas Bintang (2023) ANALISIS KESULITAN MEMBACA DITINJAU DARI POLA ASUH ORANG TUA DI RUMAH PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS VIII ABIANSEMAL. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031129-COVER.pdf Download (724kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031129-ABSTRAK.pdf Download (316kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031129-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (449kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031129-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031129-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (969kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031129-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031129-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (416kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031129-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (572kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031129-LAMPIRAN.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian ini berlatar belakang pada kesulitan membaca siswa sekolah dasar. Membaca tidak hanya diajarkan oleh guru di sekolah. Selain dari guru, orang tua di rumah juga berperan penting dalam mendidik dan mengasuh anak untuk maju. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh orang tua di rumah pada siswa yang mengalami kesulitan membaca dan untuk mengetahui faktor penyebab siswa mengalami kesulitan membaca. Penelitian ini dilaksanakan pada kelas IV di SD Gugus VIII Abiansemal, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan teknik analisis data analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Metode pengumpulan data berupa kuesioner, wawancara, dan observasi. Pada penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan 8 subjek siswa sekolah dasar yang mengalami kesulitan membaca dan 8 subjek dari orang tua siswa. Pada penelitian ini data di analisis secara mendalam sehingga data yang diperoleh dapat dipahami. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setiap aspek memperoleh persentase yang berbeda-beda. Pada pola asuh otoriter memperoleh persentase 63%, pola asuh permisif 67%, dan pola asuh demokratis sebesar 76%. Sedangkan untuk faktor kesulitan membaca siswa diperoleh persentase faktor internal sebesar 63% dan faktor eksternal sebesar 66%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa sebagian besar orang tua siswa yang mengalami kesulitan membaca menerapkan pola asuh demokratis untuk mendidik anaknya di rumah. Selanjutnya, faktor yang menyebabkan sebagian besar siswa mengalami kesulitan membaca adalah faktor eksternal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pola Asuh, Orang Tua, Kesulitan Membaca |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | I Gusti Agung Mas Bintang Anastasya |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 09:44 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 09:44 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14029 |
Actions (login required)
View Item |