Candelia, Ni Kadek Cindy (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Course Review Horay Berbantuan Media Powerpoint Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa Kelas V SD N Gugus IV Wibisana Kecamatan Banjarangkan. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031044-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031044-ABSTRAK.pdf Download (326kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031044-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (368kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031044-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (425kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITAN)
1911031044-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031044-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (741kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031044-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031044-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (460kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031044-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berbantuan media powerpoint terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD N Gugus IV Wibisana Kecamatan Banjarangkan tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan Nonequivalent Pretest Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 116 siswa kelas V SD N Gugus IV Wibisana Kecamatan Banjarangkan. Penentuan sampel penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dan diperoleh 22 orang siswa kelas V SD Negeri 2 Aan sebagai kelompok eksperimen dan 18 orang siswa kelas V SD Negeri Nyanglan sebagai kelompok kontrol. Pengumpulan data kompetensi pengetahuan IPS dilakukan dengan metode tes dan instrumen yang digunakan adalah tes objektif pilihan ganda. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial (uji-t). Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 18,36 yang termasuk dalam kategori rendah dan rata-rata skor pre-test kelompok kontrol 14,00 yang termasuk dalam kategori rendah. Rata-rata skor post-test kelompok eksperimen 25,23 yang termasuk dalam kategori tinggi dan rata-rata skor post-test kelompok kontrol 20,67 yang termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil analisis uji-t diperoleh t-hitung sebesar 3,17 sedangkan t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 38 adalah 2,02. Hal ini menunjukkan bahwa t-hitung > t-tabel (3,17 > 2,02) sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Ini membuktikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan kompetensi pengetahuan IPS antara kelompok siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berbantuan media powerpoint dan kelompok siswa yang tidak dibelajarkan dengan model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berbantuan media powerpoint. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe course review horay berbantuan media powerpoint terhadap kompetensi pengetahuan IPS siswa kelas V SD N Gugus IV Wibisana Kecamatan Banjarangkan Tahun Ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | course review horay, powerpoint, kompetensi pengetahuan IPS |
Subjects: | H Social Sciences > H Social Sciences (General) H Social Sciences > HB Economic Theory H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Cindy Candelia |
Date Deposited: | 19 Feb 2023 03:30 |
Last Modified: | 19 Feb 2023 03:30 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14069 |
Actions (login required)
View Item |