Wirayanti, Ni Luh Putu (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri terhadap Hasil Belajar Biologi dan Efikasi Diri Siswa SMA Kelas XI. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
2023071009-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
2023071009-ABSTRAK.pdf Download (225kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2023071009-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (498kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2023071009-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (428kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2023071009-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (705kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2023071009-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (890kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
2023071009-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
2023071009-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (360kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
2023071009-LAMPIRAN.pdf Download (9MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan: (1) perbedaan hasil belajar biologi dan efikasi diri antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung, (2) perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung, dan (3) perbedaan efikasi diri antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung. Jenis penelitian ini adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 2 Denpasar tahun ajaran 2021/2022 sejumlah 8 kelas yang terdiri dari 323 siswa dengan sampel penelitian sejumlah 4 kelas yang terdiri dari 160 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar biologi dan angket efikasi diri. Data yang diperoleh nilai tes hasil belajar biologi dan efikasi diri pada materi sistem eksresi. Data dianalisis berdasarkan analisis deskriptif dan MANCOVA. Tindak lanjut dari MANCOVA menggunakan Pairwise Comparison yang berbasis Least Significant Difference (LSD) untuk menguji komparasi nilai rata-rata kelompok perlakuan. Pengujian hipotesis dilakukan menggunakan taraf signifikansi 5%, uji hipotesis dilakukan setelah uji asumsi (uji normalitas, homogenitas, dan kolinearitas). Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat perbedaan hasil belajar biologi dan efikasi diri antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung, (2) terdapat perbedaan hasil belajar biologi antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung, dan (3) terdapat perbedaan efikasi diri antara siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri dan siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran langsung.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | model pembelajaran inkuiri, model pembelajaran langsung, hasil belajar biologi, efikasi diri |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Pascasarjana > Program Studi Pendidikan IPA (S2) |
Depositing User: | Ni Luh Putu Wirayanti |
Date Deposited: | 17 Feb 2023 03:17 |
Last Modified: | 17 Feb 2023 03:17 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14073 |
Actions (login required)
View Item |