PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEORI TRAIT AND FACTOR BERBASIS ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

Putri, Selvi Melisa (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN KONSELING KELOMPOK DENGAN TEORI TRAIT AND FACTOR BERBASIS ONLINE UNTUK MENINGKATKAN KEMATANGAN KARIR SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811011030-COVER.pdf

Download (282kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811011030-ABSTRAK.pdf

Download (49kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011030-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (110kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011030-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011030-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011030-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (349kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011030-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011030-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (116kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811011030-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research & development). Produk yang dikembangkan adalah Buku Panduan Konseling Kelompok dengan Teori Trait and Factor Berbasis Online Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Sekolah Menengah Atas. Buku panduan ini dirancang untuk dapat dijadikan acuan bagi guru BK dalam melaksanakan layanan konseling di sekolah untuk meningkatkan kematangan karir peserta didik. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D yang dikemukakan oleh Thiagarajan yaitu sebagai berikut: (1) Tahap Pendefinisian (Define), (2) Tahap Perancangan (Design), (3) Tahap Pengembangan (Develop), (4) Tahap Penyebaran (Disseminate). Penelitian ini melibatkan subjek 5 orang ahli dalam bimbingan konseling diantaranya 3 orang dosen Bimbingan Konseling FIP Undiksha dan 2 orang Guru Bimbingan Konseling SMA Negeri 2 Kuta. Untuk menguji keefektifan buku panduan ini, peneliti melibatkan 8 orang siswa sebagai subjek. Dari 22 butir instrumen yang digunakan dalam penilaian oleh pakar/ahli, semua butir buku panduan konseling memiliki validitas yang baik. Berdasarkan penilaian tersebut didapatkan indeks validitas isi (CVI) buku panduan berkategori sangat sesuai. Penilaian indeks validitas isi (content Validity Indeks) terhadap buku panduan konseling sangat penting untuk mengetahui layak untuk digunakan. Pengujian hipotesis menunjukan bahwa Terdapat Efektivitas Buku Panduan Konseling Kelompok dengan Teori Trait and Factor Berbasis Online Untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa dengan thitung 24,92 dengan taraf signifikansi 0,00 dan nilai ES= 3,12 yang termasuk kategori ES tinggi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Buku Panduan Konseling, Teori Konseling Trait and Factor, Konseling Online, Kematangan Karir
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Selvi Melisa Putri
Date Deposited: 19 Feb 2023 03:46
Last Modified: 19 Feb 2023 03:46
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14074

Actions (login required)

View Item View Item