Sari, Ni Luh Made Dwi Amertha (2023) ANALISIS KARAKTER TANGGUNG JAWAB PADA SISWA KELAS IV SD GUGUS IV KECAMATAN KERAMBITAN DITINJAU DARI PERAN ORANG TUA DALAM MENDAMPINGI BELAJAR DI RUMAH. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031005-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031005-ABSTRAK.pdf Download (206kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (332kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (255kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (532kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (671kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (210kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (452kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031005-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penanaman karakter anak bukan hanya menjadi tanggung jawab guru di sekolah tetapi juga pihak keluarga. Keluarga khususnya orang tua memiliki peran penting dalam pembentukan dan menumbuh kembangkan karakter tanggung jawab. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya tanggung jawab yang dimiliki siswa yang terlihat dari tidak menyelesaikan tugas-tugas yang ada. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter tanggung jawab siswa kelas IV dan untuk mengetahui peran orang tua dalam mendampingi belajar di rumah pada siswa kelas IV Gugus IV. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Purposive sampling dipilih sebagai teknik penentuan sampel dengan subjek penelitian sebanyak 9 pasang yang terdiri dari ibu dan anak. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain kuesioner, wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Analisis data secara kualitatif menggunakan model Miles dan Huberman yang meliputi tahap reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan persentase rerata karakter tanggung jawab siswa adalah sebesar 69,67% yang tergolong kategori sedang sedangkan peran orang tua terkait karakter tanggung tanggung jawab adalah sebesar 75,47% yang tergolong kategori sedang. Hasil ini tidak sesuai jika dibandingkan dengan hasil wawancara dan observasi yang menunjukkan bahwa aspek yang belum diterapkan pada karakter tanggung jawab adalah kesadaran sedangkan aspek yang belum diterapkan sepenuhnya pada peran orang tua adalah fasilitator dan pembimbing.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | karakter, tanggung jawab, peran orang tua. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Made Dwi Amertha Sari |
Date Deposited: | 19 Feb 2023 03:55 |
Last Modified: | 19 Feb 2023 03:55 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14090 |
Actions (login required)
View Item |