PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI TOONLY PADA MATA KULIAH BUNPO SHOCHUKYU (BAB 38-40)

Ratih Megantari, Putu (2023) PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI TOONLY PADA MATA KULIAH BUNPO SHOCHUKYU (BAB 38-40). Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812061002-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812061002-ABSTRAK.pdf

Download (486kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812061002-BAB I.pdf

Download (328kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812061002-BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (365kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODOLOGI PENELITIAN)
1812061002-BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812061002-BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812061002-BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR RUJUKAN)
1812061002-DAFTAR RUJUKAN.pdf

Download (206kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812061002-LAMPIRAN.pdf

Download (12MB)

Abstract

PENGEMBANGAN VIDEO ANIMASI TOONLY PADA MATA KULIAH BUNPO SHOCHUKYU (BAB 38-40) Oleh Oleh Putu Ratih Megantari, NIM 1812061002 Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang ABSTRAK Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan tiga video pembelajaran animasi yang berdurasi 6-10 menit dengan aplikasi Toonly. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development dan model pengembangan yang digunakan yakni MDLC (Multimedia Development Life Cycle) yang diperkenalkan oleh Luther-Sutopo (dalam Binanto, 2010). Pengembangan ini bertujuan untuk membantu dosen dan mahasiswa dalam pembelajaran serta menarik minat dan motivasi mahasiswa dalam pembelajaran Bunpo Shochukyu. Pengumpulan referensi dilakukan dengan wawancara dengan dosen pengempu dan pemberian kuesioner untuk mahasiswa. Data-data yang diperoleh dianalisis dengan metode kualitatif dan kuantitatif. Pengujian dilakukan dalam dua tahap yaitu Uji Alpha dengan ahli media dan ahli materi, serta Uji Beta dengan kelompok kecil yaitu mahasiswa semester 2 Pendidikan Bahasa Jepang Undiksha. Hasil yang diperoleh dari Uji Alpha oleh ahli media pada uji pertama yakni 56 poin (Sangat Baik) dan uji kedua yaitu 57 poin (Sangat Baik) dan oleh ahli materi pada uji pertama yaitu 48 poin (Baik) dan uji kedua yaitu 49 poin (Baik), sedangkan hasil Uji Beta mendapat rata-rata nilai 101 poin (Baik). Dengan adanya hasil pengujian tersebut, video pembelajaran animasi ini dapat dimanfaatkan dalam mata kuliah Bunpo Shochukyu BAB 38-40. Kata Kunci: Bunpo Shochukyu, Toonly, Video Animasi   文法初中級コースでのTOONLY アニメーションビデオ開発(第38果~第40果) プトゥ・ラティー・メガンタリ 学生番号 1812061002 日本語教育専攻 要旨 本研究の目的は、Toonlyで作成した6~10分のアニメーションビデオを三つ開発することである。本研究は研究開発研究であり、本研究で使用される方法は、Luther-Sutopo (Binanto, 2010)によって導入されたMDLC(Multimedia Development Life Cycle)開発方法である。アニメションビデオは、講師と学生の学習を支援し、学生の興味と意欲を文法初中級の学習に引き付けることを目的としている。参考資料の収集は、教員へのインタビューと学生へのアンケートによるもので、得られたデータは定性的および定量的方法を使用して分析されている。テストは、メディアの専門家と教材の専門家によるアルファテストと、Undiksha日本語教育の2学期生を対象とした少人数のグループによるベータテストの2段階で実施されている。テスト1のメディア専門家によるアルファテストから得られた結果は56ポイント(非常に良い)であり、テスト2は57ポイント(非常に良い)であり、テスト1の素材専門家によるアルファテストは48ポイント(良い)とテスト2には49ポイント(良い)である。一方、ベータテストの結果は平均101ポイント(良い)である。結果により、文法初中級コース第38課から第40果までで使用できる。 キーワード:文法初中級、Toonly、アニメーションビデオ

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Bunpo Shochukyu, Toonly, Video Animasi
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Putu Ratih Megantari
Date Deposited: 19 Feb 2023 13:00
Last Modified: 19 Feb 2023 13:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14111

Actions (login required)

View Item View Item