PENGEMBANGAN E-MODUL BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SD NEGERI 3 PEJARAKAN KABUPATEN BULELENG TAHUN AJARAN 2022/2023

Putri, Septya Novena Elwana (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL BERPENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA PEMBELAJARAN TEMATIK KELAS V DI SD NEGERI 3 PEJARAKAN KABUPATEN BULELENG TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911021021-COVER.pdf

Download (389kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911021021-ABSTRAK.pdf

Download (119kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911021021-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (216kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911021021-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911021021-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911021021-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911021021-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (218kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911021021-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (186kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911021021-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) untuk mendeskripsikan rancang bangun E-modul dengan model Borg and Gall berbasis pendekatan kontekstual pada pembelajaran Tematik untuk siswa Kelas V SD Negeri 3 Pejarakan Tahun ajaran 2022/2023. (2) untuk mengetahui hasil uji validitas E-modul dengan model Borg and Gall berbasis pendekatan kontekstual pada pembelajaran Tematik untuk siswa Kelas V SD Negeri 3 Pejarakan Tahun ajaran 2022/2023. (3) untuk mengetahui efektivitas penggunaan E-modul dengan model Borg and Gall berbasis pendekatan kontekstual pada pembelajaran Tematik untuk siswa Kelas V SD Negeri 3 Pejarakan Tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan Borg and Gall. Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode koesioner dan tes objektif berupa pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Rancang bangun E-modul berbasis pendekatan kontekstual dengan model Borg and Gall meliputi 5 tahapan: (a) tahap pendahuluan, (b) tahap pengembangan, (c) tahap validasi, (d) tahap uji coba, (e) dan tahap pembuatan produk akhir. (2) E-modul berbasis pendekatan kontekstual valid dengan: (a) hasil review ahli isi mata pelajaran yaitu 98,00% dengan kualifikasi sangat baik, (b) hasil review ahli desain pembelajaran yaitu 98,00% dengan kualifikasi sangat baik, (c) hasil review ahli media pembelajaran yaitu 89,33% dengan kualifikasi sangat baik, (d) hasil uji perorangan yaitu 95,33% dengan kualifikasi sangat baik, dan (d) hasil uji kelompok kecil yaitu 96,00% dengan kualifikasi sangat baik. (3) pengembangan E-modul berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan efektif bagi siswa kelas V di SD Negeri 3 Pejarakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, E-modul, pendekatan kontekstual, Tematik.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Septya Novena Elwana Putri
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:38
Last Modified: 21 Feb 2023 02:38
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14114

Actions (login required)

View Item View Item