Kurniawati, Ni Putu Riska (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP KOMPETENSI PENGETAHUAN IPA BAGI SISWA KELAS VI DI SD GUGUS III KECAMATAN KUTA UTARA TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031035-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031035-ABSTRAK.pdf Download (214kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (447kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (992kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (252kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUTAKA)
1911031035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (233kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031035-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas VI SD. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif dengan desain eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini berjumlah 448. Dalam penelitian ini terdapat sampel yang terdiri dari 56 siswa berasal dari 2 kelas, yaitu kelas VI B SD I Kerobokan Kaja berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VI B SD 3 Kerobokan Kaja berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu metode tes dengan menggunakan tes obyektif. Instrument yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu tes objektif dalam bentuk pilihan ganda.Teknik yang digunakan dalam menganalisis data yaitu analisis statistik deskripstif dan statistik inferensial. Hasil analisis data diperoleh thitung sebesar 3.97 dan nilai ttabel sebesar 2.00 pada taraf signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Nilai ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan dari kompetensi pengetahuan IPA antara siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble dengan siswa yang tidak diberikan perlakuan berupa model pembelajaran kooperatif tipe scramble. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe scramble terdapat pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan kompetensi pengetahuan IPA pada siswa sekolah dasar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi pengetahuan, IPA, Model Pembelajaran Kooperatif tipe Scramble |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Putu Riska Kurniawati |
Date Deposited: | 19 Feb 2023 04:12 |
Last Modified: | 19 Feb 2023 04:12 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14126 |
Actions (login required)
View Item |