PENGARUH PERMAINAN RAKYAT CAG-CAG TERHADAP PENGUATAN KARAKTER GOTONG ROYONG DALAM MATA PELAJARAN PJOK SISWA KELAS IV DI YAYASAN PERGURUAN RAKYAT SARASWATI DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Dewi, Komang Ayu Tantri Sastra (2023) PENGARUH PERMAINAN RAKYAT CAG-CAG TERHADAP PENGUATAN KARAKTER GOTONG ROYONG DALAM MATA PELAJARAN PJOK SISWA KELAS IV DI YAYASAN PERGURUAN RAKYAT SARASWATI DENPASAR TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031002-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031002-ABSTRAK.pdf

Download (217kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031002-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (562kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031002-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (837kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031002-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (872kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031002-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (763kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031002-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031002-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (493kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031002-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Munculnya sikap individualisme siswa yang ditunjukkan pada saat pembelajaran secara berkelompok menunjukkan karakter gotong royong siswa sekolah dasar rendah. Berdasarkan permasalahan sebelumnya, maka dilakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari permainan rakyat Cag-cag terhadap penguatan karakter gotong royong pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment menggunakan desain non-equivalent control group design. Populasi penelitian ini adalah 681 siswa kelas IV Yayasan Perguruan Rakyat Saraswati Denpasar. Sampel yang digunakan diambil dengan teknik cluster random sampling dan diperoleh sampel yaitu siswa kelas IV SD Saraswati 6 Denpasar sebagai kelompok eksperimen dengan jumlah siswa 39 orang dan siswa kelas IV SD Saraswati 4 Denpasar sebagai kelompok kontrol dengan jumlah siswa 33 orang. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi menggunakan lembar observasi dan rubrik penilaian. Data hasil penelitian dianalisis dengan teknik analisis statistik deskriptif dan teknik analisis statistik inferensial yaitu uji-t polled varians. Hasil analisis data diperoleh bahwa rata-rata skor pre-test kelompok eksperimen 14,71 yang berada pada kategori kurang, dan rata-rata pre-test pada kelompok kontrol 15,12 yang berada pada kategori kurang. Rata-rata post-test kelompok eksperimen 31,70 yang berada pada kategori sangat baik, sedangkan rata-rata post-test kelompok kontrol 28,18 yang berada pada kategori cukup. Hasil analisis uji-t polled varians diperoleh t-hitung 4,40 dan t-tabel pada taraf signifikansi 5% dengan dk = 70 adalah 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa t-hitung lebih besar daripada t-tabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sehingga adanya pengaruh permainan rakyat Cag-cag terhadap penguatan karakter gotong royong dalam mata pelajaran PJOK siswa kelas IV di Yayasan Perguruan Rakyat Saraswati Denpasar Tahun Pelajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penguatan, Karakter, Gotong Royong, Permainan Rakyat
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Komang Ayu Tantri Sastra Dewi
Date Deposited: 19 Feb 2023 04:00
Last Modified: 19 Feb 2023 04:00
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14127

Actions (login required)

View Item View Item