PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DENGAN ANIMAKER UNTUK MENUNTUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XII JURUSAN KEPERAWATAN DI SMK KESEHATAN SURYA MEDIKA

Putra, Ketut Agus Supriadi (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BAHASA JEPANG DENGAN ANIMAKER UNTUK MENUNTUN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS XII JURUSAN KEPERAWATAN DI SMK KESEHATAN SURYA MEDIKA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1812061005_COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1812061005-ABSTRAK.pdf

Download (114kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812061005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (122kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812061005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812061005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (135kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812061005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (797kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1812061005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (57kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812061005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (211kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1812061005-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan 9 media pembelajaran berupa video animasi yang berdurasi 3-6 menit. Video animasi ini terdiri dari pengenalan kosakata, percakapan, dan latihan soal untuk menuntun daya berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah model Four-D (4D) oleh S. Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn L Semmel (1974:5) yang terdiri dari empat tahapan yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Jenis data yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah data kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan mengunakan metode wawancara dan kuesioner berupa angket uji ahli (uji ahli media, uji ahli materi) dan uji coba produk untuk menghasilkan produk yang berkualitas. Berdasarkan hasil angket, skor yang diperoleh dari ahli media yaitu 89 (sangat sesuai), dari ahli materi yaitu 86,36 (sangat sesuai). Skor yang diperoleh dari hasil angket uji coba terbatas dengan guru yaitu 98 (sangat sesuai), sedangkan dari siswa yaitu 99 % (sangat layak). Dengan demikian, video animasi yang dikembangkan ini dapat dijadikan sebagi media penunjang pembelajaran untuk memotivasi dan khususnya untuk menuntun daya berpikir kritis siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Video Animasi, Model Four-D, Berpikir Kritis, Hasil Angket
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa Asing > Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang (S1)
Depositing User: Ketut Agus Supriadi Putra
Date Deposited: 19 Feb 2023 13:19
Last Modified: 19 Feb 2023 13:19
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14148

Actions (login required)

View Item View Item