Pengaruh Penggunaan Teknik Membaca Scanning terhadap Kemampuan Literasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer di SD Kelas V Gugus III Kecamatan Kediri Tabanan Tahun Ajaran 2022/2023

Pradnyani, Ni Kadek Yunda (2023) Pengaruh Penggunaan Teknik Membaca Scanning terhadap Kemampuan Literasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer di SD Kelas V Gugus III Kecamatan Kediri Tabanan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031075-COVER.pdf

Download (934kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031075-ABSTRAK.pdf

Download (401kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031075-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (347kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031075-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031075-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (762kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031075-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (500kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031075-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031075-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (444kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031075-LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik membaca scanning terhadap kompetensi literasi membaca ANBK pada siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Kediri Tabanan tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan bentuk desain nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 253 Siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, tes yang digunakan berupa tes objektif berjumlah 30 butir soal yang telah divalidasi. Data yang terkumpul dinormalisasikan menggunakan gain skor kemudian dianalisis menggunakan statistic inferensial uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung= 9.45>ttabel = 2.00 pada taraf signifikansi 5% (α=0,05) dengan dk = (6-1)=5, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara kompetensi literasi membaca siswa yang dibelajarkan menggunakan teknik membaca scanning dan yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan teknik membaca scanning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik membaca scanning berpengaruh signifikan terhadap kompetensi literasi membaca siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Kediri Tabanan tahun ajaran 2022/2023.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: literasi, teknik membaca scanning
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Kadek Yunda Pradnyani
Date Deposited: 20 Feb 2023 01:02
Last Modified: 20 Feb 2023 01:02
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14185

Actions (login required)

View Item View Item