Pradnyani, Ni Kadek Yunda (2023) Pengaruh Penggunaan Teknik Membaca Scanning terhadap Kemampuan Literasi Asesmen Nasional Berbasis Komputer di SD Kelas V Gugus III Kecamatan Kediri Tabanan Tahun Ajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031075-COVER.pdf Download (934kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031075-ABSTRAK.pdf Download (401kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031075-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (347kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031075-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (373kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031075-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (762kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031075-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (500kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031075-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (333kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031075-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (444kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031075-LAMPIRAN.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan siswa dalam literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh teknik membaca scanning terhadap kompetensi literasi membaca ANBK pada siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Kediri Tabanan tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini yaitu eksperimen semu dengan bentuk desain nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini sebanyak 253 Siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah metode tes, tes yang digunakan berupa tes objektif berjumlah 30 butir soal yang telah divalidasi. Data yang terkumpul dinormalisasikan menggunakan gain skor kemudian dianalisis menggunakan statistic inferensial uji-t. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh thitung= 9.45>ttabel = 2.00 pada taraf signifikansi 5% (α=0,05) dengan dk = (6-1)=5, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara kompetensi literasi membaca siswa yang dibelajarkan menggunakan teknik membaca scanning dan yang tidak dibelajarkan dengan menggunakan teknik membaca scanning. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa teknik membaca scanning berpengaruh signifikan terhadap kompetensi literasi membaca siswa kelas V SD Gugus III Kecamatan Kediri Tabanan tahun ajaran 2022/2023.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | literasi, teknik membaca scanning |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Kadek Yunda Pradnyani |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 01:02 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 01:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14185 |
Actions (login required)
View Item |