PENGARUH KETAHANMALANGAN, REGULASI DIRI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 DENPASAR

Sagitarini, Ni Made Dwi (2023) PENGARUH KETAHANMALANGAN, REGULASI DIRI DAN EFIKASI DIRI TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 12 DENPASAR. Masters thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
2029021010-COVER.pdf

Download (629kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029021010-ABSTRAK.pdf

Download (27kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029021010-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029021010-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (252kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029021010-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (555kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029021010-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (556kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029021010-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (165kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029021010-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (271kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029021010-LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

Efikasi diri sebagai salah satu faktor yang memengaruhi pencapaian prestasi belajar siswa secara optimal diduga dipengaruhi oleh faktor internal lainnya seperti ketahanmalangan dan regulasi diri. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh ketahanmalangan, regulasi diri dan efikasi diri terhadap prestasi belajar matematika secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian menggunakan pendekatan ex post facto dengan sampel sebesar 150 siswa ditentukan dengan rumus slovin dan dipilih secara random. Data ketahanmalangan, regulasi diri dan efikasi diri dikumpulkan dengan angket, sementara data prestasi belajar matematika dikumpulkan dengan tes. Data dianalisis dengan analisis jalur dengan temuan seperti berikut. (1) Ketahanmalanhan berpengaruh secara positif terhadap efikasi diri. (2) Regulasi diri berpengaruh secara positif terhadap efikasi diri. (3) Efikasi diri berpengaruh secara posisif terhadap prestasi belajar matematika. (4) Ketahanmalangan berpengaruh secara langsung terhadap prestasi belajar matematika. (5) Regulasi diri berpengaruh secara langsung terhadap prestasi belajar matematika. (6) Ketahanmalangan berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika melalui efikasi diri. (7) Regulasi diri berpengaruh secara tidak langsung terhadap prestasi belajar matematika melalui efikasi diri. Hasil penelitian diharapkan dapat berkontribusi bagi pembelajaran matematika, yakni pentingnya upaya meningkatkan prestasi belajar matematika melalui peningkatan kontrol tindakan yang tepat akan berdampak pada pencapaian prestasi belajar matematika yang lebih optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: ketahanmalangan, regulasi diri, efikasi diri, prestasi belajar matematika
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan (S2)
Depositing User: Ni Made Dwi Sagitarini
Date Deposited: 20 Feb 2023 14:03
Last Modified: 20 Feb 2023 14:03
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14271

Actions (login required)

View Item View Item