PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LITERASI MEMBACA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HOTS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 BANJAR JAWA

Sucitra Adnyani, Ni Luh (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LITERASI MEMBACA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HOTS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 BANJAR JAWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031295-COVER.pdf

Download (284kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031295-ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031295-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (354kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031295-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031295-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (939kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031295-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031295-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031295-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (437kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031295-LAMPIRAN.pdf

Download (11MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini , yaitu : (1) menghasilkan rancang bangun perangkat pembelajaran, (2) menganalisis validitas isi perangkat pembelajaran, (3) menganalisis respon praktisi terhadap perangkat pembelajaran, (4) menganalisis efektivitas perangkat pembelajaran bertujuan.untuk mengembangkan perangkat pembelajaran literasi membaca berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan High Order Thinking Skills peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu research and development dengan proses tahapan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran berupa modul ajar dan LKPD, sedangkan objek penelitian yaitu validitas isi, kepraktisan dan efektivitas. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, studi dokumen, tes dan kuesioner. Bentuk instrument berupa rating scale , menggunakan teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif, statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) indeks validitas modul ajar sebesar 0,93 dengan kualifkasi validitas tinggi sedangkan indeks validitas LKPD sebesar 0,92 dengan kualifikasi tinggi, (2) hasil respon praktisi terhadap modul ajar yaitu 93,84% dengan predikat sangat baik,sedangkan untuk modul ajar sebesar 94,00% dengan predikat sangat baik, dan (3) nilai nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,000 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga perangkat pembelajaran literasi membaca berbasis kearifan lokal efektif guna meningkatkan kemampuan berpikir HOTS siswa kelas IV SD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : perangkat pembelajaran, kemampuan HOTS, literasi berbasis kearifan.lokal
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Sucitra Adnyani
Date Deposited: 22 Feb 2023 04:28
Last Modified: 22 Feb 2023 04:28
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14293

Actions (login required)

View Item View Item