Sucitra Adnyani, Ni Luh (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN LITERASI MEMBACA BERBASIS KEARIFAN LOKAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN HOTS PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 1 BANJAR JAWA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan ganesha.
Text (COVER)
1911031295-COVER.pdf Download (284kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031295-ABSTRAK.pdf Download (205kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031295-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (354kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031295-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (390kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031295-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (939kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031295-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031295-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (320kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031295-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (437kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031295-LAMPIRAN.pdf Download (11MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini , yaitu : (1) menghasilkan rancang bangun perangkat pembelajaran, (2) menganalisis validitas isi perangkat pembelajaran, (3) menganalisis respon praktisi terhadap perangkat pembelajaran, (4) menganalisis efektivitas perangkat pembelajaran bertujuan.untuk mengembangkan perangkat pembelajaran literasi membaca berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan High Order Thinking Skills peserta didik. Jenis penelitian ini yaitu research and development dengan proses tahapan ADDIE. Subjek penelitian ini yaitu perangkat pembelajaran berupa modul ajar dan LKPD, sedangkan objek penelitian yaitu validitas isi, kepraktisan dan efektivitas. Metode pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, studi dokumen, tes dan kuesioner. Bentuk instrument berupa rating scale , menggunakan teknik analisis data yaitu deskriptif kualitatif dan kuantitatif, statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) indeks validitas modul ajar sebesar 0,93 dengan kualifkasi validitas tinggi sedangkan indeks validitas LKPD sebesar 0,92 dengan kualifikasi tinggi, (2) hasil respon praktisi terhadap modul ajar yaitu 93,84% dengan predikat sangat baik,sedangkan untuk modul ajar sebesar 94,00% dengan predikat sangat baik, dan (3) nilai nilai signifikansi (2-tailed) pada uji-t berkorelasi memperoleh skor sebesar 0,000 atau p < 0,05 (taraf signifikansi 5%), sehingga perangkat pembelajaran literasi membaca berbasis kearifan lokal efektif guna meningkatkan kemampuan berpikir HOTS siswa kelas IV SD
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci : perangkat pembelajaran, kemampuan HOTS, literasi berbasis kearifan.lokal |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ni Luh Sucitra Adnyani |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 04:28 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 04:28 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14293 |
Actions (login required)
View Item |