PENGEMBANGAN INSTRUMEN HASIL BELAJAR IPS BERPENDEKATAN HEUTAGOGY BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI SISTEM SUBAK SISWA KELAS V SD NEGERI 3 SUKASADA

Ambarawati, Ni Luh Deni (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN HASIL BELAJAR IPS BERPENDEKATAN HEUTAGOGY BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI SISTEM SUBAK SISWA KELAS V SD NEGERI 3 SUKASADA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031323-COVER.pdf

Download (309kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031323-ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031323-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031323-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (278kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031323-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031323-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (200kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031323-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031323-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031323-LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan instrumen yang memiliki validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, kualitas pengecoh instrumen hasil belajar IPS berpendekatan heutagogy berbasis kearifan lokal Bali sistem subak. Jenis Penelitian yaitu R&D dengan model pengembangan 4D (Four-D). Subjek penelitian yaitu, instrumen hasil belajar IPS dan objek penelitian yaitu validasi isi, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya beda, kualitas pengecoh. Metode pengumpulan data terdiri dari observasi, wawancara, tes, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; CVI sebesar 1 artinya validasi isi instrumen memenuhi syarat sangat baik; hasil analisis validitas instrumen 25 soal valid dan 5 butir soal tidak valid; reliabilitas sebesar 0,936; tingkat kesukaran sebesar 0,663 kategori sedang; daya beda sebesar 0,440 kategori baik; kualitas pengecoh diperoleh 14 pengecoh tidak berfungsi dengan baik dan 61 pengecoh berfungsi dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Instrumen hasil belajar, IPS, Heutagogy, Sistem subak
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Deni Ambarawati
Date Deposited: 21 Feb 2023 05:29
Last Modified: 21 Feb 2023 05:29
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14336

Actions (login required)

View Item View Item