PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF REGULATED LEARNING DAN SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA

Widirahayu, Kadek Sri (2023) PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN KONSELING BEHAVIORAL DENGAN TEKNIK SELF REGULATED LEARNING DAN SELF MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS PENDIDIKAN GANESHA.

[img] Text (COVER)
2029111005-COVER.pdf

Download (545kB)
[img] Text (ABSTRAK)
2029111005-ABSTRAK.pdf

Download (127kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
2029111005-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (221kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
2029111005-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (369kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
2029111005-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (529kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
2029111005-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (614kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
2029111005-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (123kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
2029111005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (219kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
2029111005-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian pengembangan ini adalah untuk mengetahui (1) rancang bangun buku panduan konseling behavioral dengan teknik self regulated learning dan self management untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa, (2) validitas isi buku panduan, (3) kepraktisan isi buku panduan, dan (4) efektivitas buku panduan konseling behavioral dengan teknik self regulated learning dan self management untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa. Penelitian ini di rancang dengan metode penelitian dan pengembangan (Research And Developmental) untuk menghasilkan dan mengembangkan buku panduan konseling behavioral dan instrumen penilaian tingkat motivasi berprestasi pada siswa. Analisis data yang digunakan adalah uji validitas CVR dan CVI dari Lawshe. Uji kepraktisan buku panduan menggunakan persentase, sedangkan untuk menguji efektivitas buku panduan menggunakan rumus N-Gain. Pengujian validasi buku panduan dilakukan oleh lima orang ahli yang terdiri dari tiga orang dosen Program Pascasarjana Bimbingan Konseling Undiksha dan dua orang ahli Bimbingan Konseling. Uji kepraktisan melibatkan 15 orang praktisi bimbingan konseling. Uji efektivitas buku panduan dilakukan pada subjek siswa kelas VIII SMP Sathya Sai Denpasar. Hasil analisis data dengan menggunakan uji Lawshe CVR diperoleh nilai sebesar 1 (CVR>0), kemudian nilai CVI didapatkan sebesar 1, nilai ini berarti bahwa indeks validitas isi buku panduan adalah relevan. Hasil analisis uji kepraktisan isi buku panduan menunjukkan sangat praktis dengan nilai persentase 93, 75. Hasil analisis uji efektivitas dari buku panduan konseling behavioral untuk meningkatkan motivasi berprestasi dengan menggunakan rumus N-Gain dapat dikatakan cukup efektif yaitu sebesar 72,33.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Motivasi Berprestasi, Self Regulated Learning, Self Management, Konseling Behavioral
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Pascasarjana > Program Studi Bimbingan Konseling (S2)
Depositing User: Kadek Sri Widirahayu
Date Deposited: 21 Feb 2023 05:13
Last Modified: 21 Feb 2023 05:13
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14339

Actions (login required)

View Item View Item