PENGEMBANGAN E-MODUL IPAS BERPENDEKATAN HEUTAGOGY BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Rusmiati, Ni Luh Herlin (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL IPAS BERPENDEKATAN HEUTAGOGY BERBASIS KEARIFAN LOKAL BALI KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 3 SUKASADA TAHUN PELAJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031309-COVER.pdf

Download (706kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031309-ABSTRAK.pdf

Download (33kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031309-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (159kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031309-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (297kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031309-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031309-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (701kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031309-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (68kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031309-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (208kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031309-LAMPIRAN.pdf

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-Modul IPAS Berpendekatan Heutagogy Berbasis Kearifan Lokal Bali untuk meningkatkan literasi digital siswa kelas IV SD yang teruji efektivitasnya. Penelitian ini menggunakan model ADDIE, yang memiliki tahapan penelitian berupa tahap analyze (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Metode dan instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu rating scale, dan kuesioner. Subjek pengembangan pada penelitian pengembangan ini adalah produk yang berupa E-Modul IPAS, sedangkan untuk objek pengembangannya adalah validitas isi, respons pengguna dan efektivitas produk. Subjek uji coba pada penelitian ini, yaitu 19 orang siswa kelas IV SD, dengan literasi digital yang dijadikan sebagai objek uji coba. Uji validitas isi produk menggunakan rumus CNR dan CVI. E-Modul IPAS memperoleh tingkat validitas isi sangat valid yang dibuktikan dengan memperoleh hasil uji validitas isi sebesar 0,99. Respons guru terhadap E-Modul IPAS menunjukkan hasil rata-rata sebesar 94,23% sehingga berkualifikasi Sangat Baik. Respons siswa terhadap E-Modul IPAS menunjukkan hasil rata-rata 97,17% sehingga mendapatkan kualifikasi Sangat Baik. Hasil uji efektivitas E-Modul IPAS menunjukkan hasil nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dilihat bahwa nilai Sig. < 0,05, artinya produk yang dikembangkan memiliki efektivitas yang signifikan dalam meningkatkan literasi digital siswa kelas IV Sekolah Dasar Negeri 3 Sukasada, Kecamatan Sukasada, Kabupaten Buleleng.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: e-modul, heutagogy, literasi digital
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Luh Herlin Rusmiati
Date Deposited: 22 Feb 2023 01:34
Last Modified: 22 Feb 2023 01:34
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14395

Actions (login required)

View Item View Item