PENGEMBANGAN PANDUAN PEMBELAJARAN LITERASI BACA TULIS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Witari, Ni Nyoman (2023) PENGEMBANGAN PANDUAN PEMBELAJARAN LITERASI BACA TULIS PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1911031152-COVER.pdf

Download (182kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1911031152-ABSTRAK.pdf

Download (46kB)
[img] Text (BAB 1 PEDAHULUAN)
1911031152-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (143kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1911031152-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031152-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (207kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031152-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031152-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031152-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (166kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1911031152-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Literasi merupakan kemampuan yang sangat penting dikuasai oleh setiap orang agar mampu memilah segala informasi yang tersebar. Namun setelah dilakukan observasi awal ternyata banyak dijumpai bahwa literasi baca tulis siswa masih rendah. Oleh karena itu berdasarkan hasil analisis kebutuhan melalui observasi dan wawancara, maka dirasa perlu adanya pengembangan panduan pembelajaran literasi baca tulis pada siswa kelas III sekolah dasar. Panduan ini dirasa perlu dikembangkan untuk mengatasi permasahan yang dijumpai di lapangan. Panduan ini diharapkan mampu membantu guru dalam memberikan pembelajaran literasi baca tulis sehingga mampu meningkatkan literasi baca tulis siswa kelas III Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4-D. Panduan yang telah dikembangkan, diuji validitas, kepraktisan, dan efektivitasnya sebelum dapat digunakan secara berkelanjutan. Berdasarkan hasil yang diperoleh, panduan pembelajaran literasi baca tulis layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran literasi. Panduan yang dikembangkan juga efektif meningkatkan litrerasi baca tulis siswa. Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa panduan yang dikembangkan layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran literasi baca tulis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: panduan pembelajaran, literasi baca tulis, siswa sekolah dasar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Ni Nyoman Witari
Date Deposited: 22 Feb 2023 07:49
Last Modified: 22 Feb 2023 07:49
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14468

Actions (login required)

View Item View Item