Yunda Aditi Iswari, Ngurah (2023) Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Phenomenon Based Learning untuk Meningkatkan Kecakapan Multiliterasi Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV di Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1911031151-COVER.pdf Download (765kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1911031151-ABSTRAK.pdf Download (191kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1911031151-BAB I PENDAHULUAN.pdf Download (457kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN PUSTAKA)
1911031151-BAB II KAJIAN PUSTAKA.pdf Restricted to Repository staff only Download (571kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1911031151-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (883kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1911031151-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1911031151-BAB V PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1911031151-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (489kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1911031151-LAMPIRAN.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar berbasis Phenomenon Based Learning untuk meningkatkan Kecakapan Multiliterasi pada pembelajaran IPAS kelas IV di sekolah dasar yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian pengembangan (Research & Development) dan menggunakan model pengembangan ADDIE. Metode dari pengumpulan data menggunakan instrumen kuesioner. Data dari validitas bahan ajar bersumber dari ahli isi, ahli desain, dan ahli media pembelajaran IPAS SD. Data dari kepraktisan bahan ajar bersumber pada praktisi (guru) kelas IV yang mengajar IPAS dan 3 siswa untuk uji coba perorangan. Pengujian untuk mengukur efektivitas produk dilakukan dengan menggunakan desain one group pre-test post-test pada jumlah sampel sebanyak 24 orang siswa kelas IV. Hasil dari data dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian Bahan Ajar Berbasis Phenomenon Based Learning untuk Meningkatkan Kecakapan Multiliterasi Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV di Sekolah Dasar dinyatakan (1) valid ditinjau pada aspek isi, desain, dan media pembelajaran IPAS; (2) praktis ditinjau dari perspektif praktisi (guru) dan peserta didik; (3) efektif untuk meningkatkan kecakapan multiliterasi pada pembelajaran IPAS kelas IV di sekolah dasar. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis Phenomenon Based Learning pada pembelajaran IPAS kelas IV di sekolah dasar yang telah dikembangkan, dinyatakan valid, praktis, dan efektif dalam meningkatkan kecakapan multiliterasi, sehingga layak digunakan secara berkelanjutan pada kegiatan pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan ajar, phenomenon based learning, kecakapan multiliterasi, IPAS, sekolah dasar |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Pendidikan Dasar > Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1) |
Depositing User: | Ngurah Yunda Aditi Iswari |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 00:50 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 00:50 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14478 |
Actions (login required)
View Item |