Barus, Mia Febina Br (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEOSCRIBE PADA MATERI TEKS IKLAN KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 PADANG TUALANG. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1812011035-COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text (ABSTRAK)
1812011035-ABSTRAK.pdf Download (244kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1812011035-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (324kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1812011035-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (453kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1812011035-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (769kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1812011035-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1812011035-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (283kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1812011035-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (486kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1812011035-LAMPIRAN.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tahap-tahap pengembangan serta kualitas hasil pengembangan media pembelajaran berbasis proyek pada materi teks iklan kelas VIII di SMP Negeri 2 Padang Tualang. Media video pembelajaran berbasis Proyek ini dikembangkan dengan perangkat lunak (Software) Videoscribe. Model pengembangan yang digunakan yaitu model ADDIE dengan 5 tahapan yaitu, Analyze, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Setelah mencapai tahap pengembangan produk kemudian divalidasi oleh seorang ahli isi/ mata pelajaran, ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran. Setelah itu produk diujicobakan dengan menggunakan dua tahap uji coba, yaitu uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Data yang dikumpulkan adalah data kuantitatif dan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket/kuesioner Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data deskriptif kualitatif, dan deskriptif kuantitatif. Hasil validasi video pembelajaran berbasis Videoscribe dari: 1) uji ahli isi/materi memeroleh skor 98,18% dengan kualifikasi sangat baik, 2) uji ahli desain pembelajaran memeroleh skor 90,90% dengan kualifikasi sangat baik, 3) ahli media memeroleh presentase 90,76% dengan kualifikasi sangat baik, 4) hasil uji coba perorangan memeroleh presentase 93,66% merupakan kualifikasi sangat baik, 5) hasil uji coba kelompok kecil memeroleh hasil 93,55%, dengan kualifikasi sangat baik. Hasil dari uji ahli dan uji coba produk ini termasuk dalam kategori sangat baik, sehingga media ini layak dipakai dalam membantu proses pembelajaran bahasa Indonesia khusunya materi teks iklan kelas VIII.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model ADDIE, Video pembelajaran, Pengembangan |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Fakultas Bahasa dan Seni > Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia dan Daerah > Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Mia Febina Br Barus |
Date Deposited: | 22 Feb 2023 14:39 |
Last Modified: | 22 Feb 2023 14:39 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14588 |
Actions (login required)
View Item |