Penerapan Strategi Pembelajaran Read Write Pair Share Berbantuan Mind Mapping Meningkatkan Penguasaan Konsep Biologi Dan Efektivitas Pembelajaran Biologi

Aronggear, Tirza Devayanti (2023) Penerapan Strategi Pembelajaran Read Write Pair Share Berbantuan Mind Mapping Meningkatkan Penguasaan Konsep Biologi Dan Efektivitas Pembelajaran Biologi. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1813041043-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1813041043-ABSTRAK.pdf

Download (538kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1813041043-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (621kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1813041043-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1813041043-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1813041043-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1813041043-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (575kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1813041043-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (201kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1813041043-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dengan penerapan strategi pembelajaran Read Write Pair Share berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan penguasaan konsep biologi dan efektivitas pembelajaran biologi. Penelitian ini menggunakan rancangan the Pretest-Posttest Control Group Design dan variabel terikat yang digunakan ialah peningkatan penguasaan konsep dan efektivitas pembelajaran yang diukur dengan metode tes. Data yang sudah didapatkan dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis statistik dengan uji Mann Whitney. Hasil analisis menunjukkan bahwa: (a) penerapan strategi pembelajaran Read Write Pair Share berbantuan Mind Mapping dapat meningkatkan penguasaan konsep biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Banjar, dengan N-Gain 0,68 katagori sedang dan (b) penerapan strategi pembelajaran Read Write Pair Share berbantuan Mind Mapping efektif dapat meningkatkan pembelajaran biologi siswa kelas XI SMA Negeri 2 Banjar , dengan effect size sebesar 0,42, katagori rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Pembelajaran Read Write Pair Share berbantuan Mind Mapping, Efektivitas pembelajaran, Penguasaan Konsep.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Biologi dan Perikanan Kelautan > Program Studi Pendidikan Biologi (S1)
Depositing User: Tirza Devayanti Aronggear
Date Deposited: 24 Feb 2023 01:52
Last Modified: 24 Feb 2023 01:52
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14678

Actions (login required)

View Item View Item