Hasanah, Ita Musrifatul (2023) PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 2 GEROKGAK. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1713071042-COVER.pdf Download (744kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1713071042-ABSTRAK.pdf Download (260kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1713071042-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (292kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1713071042-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (290kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1713071042-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (490kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1713071042-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (263kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1713071042-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (216kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1713071042-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (289kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1713071042-LAMPIRAN.pdf Download (12MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini membandingkan siswa kelompok perlakuan yang menggunakan model learning cycle 5e dan siswa kelompok perlakuan yang menggunakan metode direct instruction untuk menguji variasi hasil belajar saintifik. Metode penelitian ini adalah kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen semu. Desain penelitian ini adalah pretest posttest non equivalent control gtoup design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Gerokgak sebanyak 385 orang. Sampel penelitiannya adalah kelas kelas VIII A sebagai kelas kontrol sebanyak 32 siswa dan kelas VIII B sebagai kelas eksperimen sebanyak 40 siswa yang diperoleh dengan teknik simple random sampling. Data hasil belajar siswa dikumpulkan menggunakan soal tes pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Data diolah menggunakan analisis deskriptif dan uji t dengan bantuan SPSS 19. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa pada materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari setelah diberikan perlakuan menggunakan model learning cycle 5e menggunakan analisis uji t diperoleh sig (2 tailed) sebesar 0,042 < 0,05 maka artinya H0 di tolak dan Ha di terima. Kesimpulannya adalah ada perbedaan hasil belajar IPA antara kelompok siswa yang diberikan perlakuan model learning cycle 5e dengan siswa yang diberikan perlakuan menggunakan model pembelajaran langsung (direct instruction), sehingga model ini dapat digunakan dalam proses pembelajaran khususnya pada materi tekanan zat dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Kata-kata Kunci: learning cycle 5e, pembelajaran langsung (direct instruction), hasil belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | learning cycle 5e, pembelajaran langsung (direct instruction), hasil belajar |
Subjects: | Q Science > QC Physics |
Divisions: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan IPA (S1) |
Depositing User: | ITA MUSRIFATUL HASANAH |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 01:02 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 01:02 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14699 |
Actions (login required)
View Item |