Juliana, Baiq (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN PEDULI SOSIAL PADA SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.
Text (COVER)
1811011005-COVER.pdf Download (286kB) |
|
Text (ABSTRAK)
1811011005-ABSTRAK.pdf Download (47kB) |
|
Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf Download (181kB) |
|
Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf Restricted to Repository staff only Download (201kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (196kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (457kB) | Request a copy |
|
Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011005-BAB 5 PENUTUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (112kB) | Request a copy |
|
Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011005-DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
Text (LAMPIRAN)
1811011005-LAMPIRAN.pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji akseptabilitas dan keefektifan perangkat layanan bimbingan konseling klasikal untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMP. Penelitian ini merupakan salah satu bentuk penelitian pengembangan dengan menggunakan proses pengembangan 4D (Define, Design, Develop and Distribute). Penelitian ini melibatkan 3 orang ahli dan 2 orang praktisi di bidang bimbingan konseling yang bekerja sebanyak orang untuk menguji keberterimaan perangkat layanan bimbingan klasikal. Pada penelitian ini data dikumpulkan dengan kuesioner yang dianalisis dengan formula Content Validity Ratio (CVR), Content Validity Indeks (CVI), dan t independen. Hasil analisis CVR menunjukan seluruh pernyataan item kuesioner diterima dan memperoleh nilai CVI sebesar 1 dengan katagori sangat baik atau istimewa, maka dari itu perangkat layanan bimbingan klasikal telah memenuhi ketentuan keberterimaan. Uji efektivitas perangkat layanan bimbingan klasikal dilaksanakan kepada 60 siswa kelas IX SMP Negeri 2 Singaraja dengan menggunakan desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil uji t menunjukan nilai signifikan 0,00, yang berarti penggunaan perangkat layanan bimbingan klasikal ini efektif untuk meningkatkan peduli sosial pada siswa SMP.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Peduli Sosial, Layanan Bimbingan Klasikal |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1) |
Depositing User: | Baiq Juliana |
Date Deposited: | 24 Feb 2023 01:21 |
Last Modified: | 24 Feb 2023 01:21 |
URI: | http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14776 |
Actions (login required)
View Item |