PENGEMBANGAN PERANGKAT LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN PEDULI SOSIAL PADA SISWA SMP

Juliana, Baiq (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL UNTUK MENINGKATKAN PEDULI SOSIAL PADA SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811011005-COVER.pdf

Download (286kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811011005-ABSTRAK.pdf

Download (47kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011005-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (181kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011005-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011005-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (196kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011005-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (457kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011005-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (112kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011005-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (187kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811011005-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan dan menguji akseptabilitas dan keefektifan perangkat layanan bimbingan konseling klasikal untuk meningkatkan kepedulian sosial siswa SMP. Penelitian ini merupakan salah satu bentuk penelitian pengembangan dengan menggunakan proses pengembangan 4D (Define, Design, Develop and Distribute). Penelitian ini melibatkan 3 orang ahli dan 2 orang praktisi di bidang bimbingan konseling yang bekerja sebanyak orang untuk menguji keberterimaan perangkat layanan bimbingan klasikal. Pada penelitian ini data dikumpulkan dengan kuesioner yang dianalisis dengan formula Content Validity Ratio (CVR), Content Validity Indeks (CVI), dan t independen. Hasil analisis CVR menunjukan seluruh pernyataan item kuesioner diterima dan memperoleh nilai CVI sebesar 1 dengan katagori sangat baik atau istimewa, maka dari itu perangkat layanan bimbingan klasikal telah memenuhi ketentuan keberterimaan. Uji efektivitas perangkat layanan bimbingan klasikal dilaksanakan kepada 60 siswa kelas IX SMP Negeri 2 Singaraja dengan menggunakan desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil uji t menunjukan nilai signifikan 0,00, yang berarti penggunaan perangkat layanan bimbingan klasikal ini efektif untuk meningkatkan peduli sosial pada siswa SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peduli Sosial, Layanan Bimbingan Klasikal
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Baiq Juliana
Date Deposited: 24 Feb 2023 01:21
Last Modified: 24 Feb 2023 01:21
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14776

Actions (login required)

View Item View Item