PENGEMBANGAN PERANGKAT LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEORI BEHAVIOUR DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA SMP

Muharrifah, Zorifah Insaf (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL TEORI BEHAVIOUR DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT UNTUK MENINGKATKAN TANGGUNG JAWAB SISWA SMP. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1811011049-COVER.pdf

Download (292kB)
[img] Text (ABSTRAK)
1811011049-ABSTRAK.pdf

Download (50kB)
[img] Text (BAB 1 PENDAHULUAN)
1811011049-BAB 1 PENDAHULUAN.pdf

Download (192kB)
[img] Text (BAB 2 KAJIAN TEORI)
1811011049-BAB 2 KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3 METODELOGI PENELITIAN)
1811011049-BAB 3 METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (202kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN)
1811011049-BAB 4 HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (586kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5 PENUTUP)
1811011049-BAB 5 PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1811011049-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1811011049-LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pada penelitian pengembangan ini produk yang dikembangkan adalah Perangkat Layanan Bimbingan Klasikal Teori Behaviour dengan Teknik Self-Management untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Siswa SMP. Produk ini dapat digunakan oleh guru BK di sekolah sebagai pedoman dalam pemberian layanan Klasikal. Selain itu, penelitian ini memiliki tujuan untuk mengembangkan serta menguji keberterimaan dan efektivitas perangkat layanan bimbingan klasikal untuk meningkatkan tanggung jawab siswa SMP. Penelitian ini menggunakan teori behaviour dengan teknik self-management dan termasuk jenis penelitian pengembangan dengan menggunakan prosedur pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penelitian ini melibatkan 3 orang ahli (Dosen bimbingan konseling FIP Undiksha) dan 2 orang praktisi di bidang bimbingan konseling (Guru BK SMP Negeri 2 Singaraja) yang bertugas menguji keberterimaan perangkat layanan bimbingan klasikal. Setelah itu hasil evaluasi dihitung dengan menggunakan rumus CVR (Content Validity Ratio) dan CVI (Content Validity Index) dan t-test. Hasil analisis CVR menunjukkan bahwa semua pernyataan dalam kuesioner diterima dan mencapai CVI level 1 dengan kategori sangat baik yang berarti perangkat layanan konseling klasikal memenuhi syarat penerimaan. Uji efektivitas perangkat layanan bimbingan klasikal dilaksanakan kepada 35 siswa kelas VII SMP Negeri 2 Singaraja dengan menggunakan desain eksperimen Pretest-Posttest Control Group Design. Hasil uji formula t-test dan didapatkan nilai probabilitas atau Sig.(2-tailed) sebesar 0,000, nilai probabilitas ini lebih kecil dibandingkan tingkat signifikansi 0,05 yang berarti penggunaan perangkat layanan bimbingan klasikal ini efektif untuk meningkatkan tanggung jawab siswa SMP.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Tanggung Jawab, Bimbingan Klasikal, Behaviour, Self-Management
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Jurusan Ilmu Pendidikan, Psikologi dan Bimbingan > Program Studi Bimbingan Konseling (S1)
Depositing User: Zorifah Insaf Muharrifah
Date Deposited: 24 Feb 2023 05:40
Last Modified: 24 Feb 2023 05:40
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/14805

Actions (login required)

View Item View Item