PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA FISIKA KELAS X DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA

Okytadevi, Made (2020) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TEAMS GAME TOURNAMENT (TGT) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA FISIKA KELAS X DI SMA NEGERI 2 SINGARAJA. Undergraduate thesis, Universitas Pendidikan Ganesha.

[img] Text (COVER)
1513021069-COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text (ABSTRAK)
1513021069-ABSTRAK.pdf

Download (168kB)
[img] Text (BAB I PENDAHULUAN)
1513021069-BAB I PENDAHULUAN.pdf

Download (323kB)
[img] Text (BAB II KAJIAN TEORI)
1513021069-BAB II KAJIAN TEORI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III METODELOGI PENELITIAN)
1513021069-BAB III METODELOGI PENELITIAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (783kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN)
1513021069-BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (831kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V PENUTUP)
1513021069-BAB V PENUTUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (170kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
1513021069-DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (304kB)
[img] Text (LAMPIRAN)
1513021069-LAMPIRAN.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perbedaan prestasi belajar fisika siswa di SMA Negeri 2 Singaraja antara yang belajar dengan model pembelajaran kooperatif Teams Game Tournament (TGT) dan model pembelajaran konvensional. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu atau quasi experiment dengan desain atau rancangan Non-Equivalent Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua siswa kelas X tahun ajaran 2019/2020 yang terdistribusi dalam 5 kelas dengan jumlah sebanyak 190 responden namun kelas X MIPA 1 tidak akan diikutsertakan karena tidak memenuhi syarat populasi dalam sebuah penelitian. Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan random assignment. Sampel terdiri dari 2 kelas yaitu kelas X MIPA 3 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 2 sebagai kelas control. Tes prestasi belajar fisika siswa terdiri dari 20 soal pilihan ganda diperluas dengan konsistensi internal butir bergerak dari -0,05 sd 0,73 dan Indeks reliabilitas 20 butir soal yang digunakan sebagai instrumen penelitian adalah 0,607. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis kovarian (ANAKOVA) satu jalur. Uji tindak lanjut ANAKOVA menggunakan Least Significant Diffeerence (LSD) untuk menguji komparasi nilai rata-rata kelompok perlakuan. Pengujian hipotesis menggunakan taraf signifikasi 0,05. Sebelum melakukan uji hipotesis, data yang diperoleh dilakukan uji asumsi terlebih dahulu yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, dan uji linearitas. hasil penelitian menunjukan bahwa Terdapat perbedaan prestasi belajar fisika siswa yang belajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif TGT dan model pembelajaran konvensional (F = 12,532 dengan sgnifikasi 0,001).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran konvensional, model pembelajaran kooperatif TGT, prestasi belajar fisika siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Jurusan Fisika dan Pengajaran IPA > Program Studi Pendidikan Fisika (S1)
Depositing User: Made Okytadevi
Date Deposited: 27 Feb 2020 02:53
Last Modified: 27 Feb 2020 02:53
URI: http://repo.undiksha.ac.id/id/eprint/1487

Actions (login required)

View Item View Item